PKS Sebut Koalisi Setuju Anies Baswedan Jadi Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, PONTAS.ID – Direktur Pencapresan DPP PKS Suhud Alynudin menyatakan partai koalisi menyetujui jika Anies Baswedan maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. Anies diajukan koalisi sebagai calon wakil presiden.

Suhud menjelaskan wacana Anies Baswedan sebagai cawapres Prabowo Subianto sangat kecil kemungkinan terealisasi. Sebab partai koalisi lebih setuju untuk mengusung Anies sebagai capres bukan cawapres.

“Pengorbanan umat dan rakyat Jakarta terlalu besar jika Anies hanya cawapres,” ujar Suhud dalam keterangan pers, Senin (9/7/2018).

PKS sendiri telah mengusulkan pasangan Anies-Ahmad Heryawan sebagai opsi yang sangat menjanjikan sebagai pasangan untuk melawan petahana. Anies-Aher pasangan yang sangat ideal.

Keduanya muda, kepala daerah berprestasi, kompeten, pintar dan religius,” ujarnya.

Menurut dia, Pilpres 2019 membutuhkan figur baru untuk melawan Jokowi.

Belum Ada Kesepakatan

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan Partai Gerindra Sandiaga Uno memastikan belum ada kesepakatan di partai koalisi Gerindra, PKS dan PAN terkait siapa cawapres pendamping Prabowo Subianto. Hingga kini, posisi Prabowo sebagai capres yang akan diusung belum berubah.

Sandi mengangguk saat dikonfirmasi bahwa Prabowo masih menjadi bakal capres terkuat yang akan diusung partai koalisi. Ia mengisyaratkan penolakan jika Anies yang diusung.

Dorongan dari beberapa pihak untuk mencalonkan Anies Baswedan ditanggapi dingin oleh Sandi. “Kalau Mas Anies fokus di Jakarta (sebagai gubernur, Red),” kata Sandi.

Wakil Gubernur DKI ini mengakui ada pembicaraan terkait posisi menteri dengan partai koalisi. “Sudah (dibicarakan), PKS dan PAN. Tapi siapanya (cawapres, Red) belum. Tapi pembagian (menteri, Red) sudah dibicarakan,” kata dia.

Namun, Sandi mengaku pembicaraan tersebut dalam kadar yang normatif. Pembicaraan itu, menurutnya, lebih diarahkan ke platform. Ia menyebut, pembagian menteri terkait paltform ekonomi yang diangkat yakni ekonomi kerakyatan.

“Sudah dibicarakan tapi masih dalam tatanan yang sangat umum. Kita sepakat orang terbaik yang akan didorong. Dan saya bilang, kita bicarakan dulu platformnya,” ujar dia.

Sebelumnya Anies Baswedan telah menemui Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto untuk berbicara masalah Pilpres 2019. Gerindra menyebut seluruh partai koalisi yakni PKS dan PAN setuju jika Anies mendampingi Prabowo Subianto sebagai cawapres.

Previous articleAirlangga: Perkuat Ekspor Industri Kimia Nasional
Next articlePembukaan dan Penutupan Asian Games Diminta Harus Spektakuler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here