Masuk Puncak Arus Balik, Stok BBM, Listrik dan LPG Cukup

Ilustrasi ditribusi BBM oleh Pertamina

Jakarta, PONTAS.ID – Memasuki puncak arus balik, Rabu (20/6/2018), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan kota-kota lainnya dalam kondisi aman.

Berdasar laporan Posko Nasional Sektor ESDM, kondisi stok BBM per Senin (18/6/2018) mencukupi hingga tiga minggu ke depan, dengan perincian: Premium: 22 hari; Solar/Akrasol: 21 hari; Pertalite: 21 hari; Kerosene: 48 hari; Pertamax/Akra 92: 20 hari; Pertamax Turbo: 42 hari; Pertamina Dex: 46 hari; Dexlite: 20 hari; Avtur: 28 hari.

Demikian juga dengan LPG, jumlah stok mencapai 370.480 Metrik Ton (MT) dan realisasi penyaluran 11.465 MT.

“Bahan Bakar Gas (BBG) dan jaringan gas (jargas) juga tersalurkan tanpa ada kendala. Secara umum proses penyaluran BBM, LPG dan Gas Bumi Rumah Tangga berjalan normal,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Kementerian ESDM, Agung Pribadi di Jakarta, kemarin.

Agung menambahkan, Tim posko juga melakukan pengecekan langsung ke beberapa lokasi. Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang arus balik, Posko menyiapkan 110 mobil tangki kantong, 33 mobi dispenser, 57 kiosk pertamax, 1 serambi pertamax, 283 motoris kemasan dan 2 kiosk kemasan AKR.

“Semua ini bagian dari upaya melancarkan para pemudik yang akan kembali sehabis mudik lebaran,” ujar Agung.

Sementara pada sektor ketenagalistirikan, secara keseluruhan dalam kondisi Normal. Sedangkan pada laporan kebencanaan geologi, masih terdapat 3 gunung api yang memiliki aktivitas tinggi yaitu Gunung Sinabung (AWAS), Gunung Agung (SIAGA) dan Gunung Merapi (WASPADA), “Meskipun pada beberapa hari terakhir tidak menunjukan peningkatan aktivitas,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di samping membentuk Posko Nasional Sektor ESDM, untuk mempermudah pengawasan dan pengaduan dari masyarakat pada periode Idulfitri 2018 di bidang energi, Kementerian ESDM telah menyediakan layanan call center 1-500-335 yang akan melayani informasi dan pengaduan masyarakat terkait penyediaan energi di seluruh wilayah Indonesia.

Editor: Hendrik JS

Previous articleBesok Integrasi Tol JORR Mulai Berlaku, Ini Tarifnya
Next articlePemerintah Kembali Tunda Integrasi Tarif Tol JORR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here