Tinjau Pasar Senen, Sandiaga: Harga Pangan Masih Stabil

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau Pasar Senen Blok III, untuk pastikan harga dan stok pangan aman menjelang idul fitri.

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau Pasar Senen Blok III, hal ini dilakukan sandi guna memantau dari dekat harga daging dan sayuran jelang Lebaran.

“Alhamdulillah terpantau harga-harga stabil,” ujar Sandiaga di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).

Sandiaga mengatakan ada beberapa bahan pangan yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk ditambahkan suplainya. “Ada beberapa komoditas yang perlu perhatian khusus seperti cabe khususnya cabe kriting, cabe merah kriting, dan juga tadi daging ayam yang sedikit naik harganya kita harapkan dalam beberapa hari kedepan jelang lebaran bisa ditambah suplainya, distribusinya diperlancar,” katanya.

Sandiaga Uno juga menilai, momentum Lebaran kerap dimanfaatkan pedagang barang-barang kebutuhan pokok untuk menaikkan harga. Hal itu terjadi di salah satu pusat jual-beli bahan pangan di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat. Rata-rata bahan pangan dinaikkan sebesar 5%.

“Rata-rata pedagang kalau saya bilang kok tinggi jualnya. (mereka jawab) ‘iya Pak, setahun sekali’. Padahal supply-nya cukup. Di Kramat Jatinya juga cukup tapi mereka secara otomatis karena mungkin kebiasaan dari tahun-tahun sebelumnya menaikan harga H-5,” kata Sandiaga.
Sandiaga menyebut kenaikan harga di bawah 10% itu masih bisa ditoleransi. Namun, bukan berarti konsumen tidak akan terdampak kenaikan harga ini. Untuk itu, menurutnya, Pemprov DKI akan menyuntikan bazar murah bekerja sama dengan Bulog.

“Kemarin (bazar murah) kita tahan karena kita tidak ingin pedagang rugi selama periode ini. Tapi kalau pedagang tidak bisa bekerja sama kami akan punya mekanisme bekerja sama dengan Bulog dengan melakukan Bazar murah,” tuturnya.

Editor: Idul HM

Previous articleJadi New Tourism Territory, NTT Luncurkan Calendar of Event 2018
Next articleJelang Lebaran, Tak Usah Khawatir Kementan Jaga Stok Pangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here