Aparat Diminta Selidiki Motif Gedung DPR Jadi Target Bom

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta aparat Kepolisian dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkap motif rencana kelompok teroris yang menjadikan Gedung DPR RI dan DPRD Riau sebagai sasaran target bom.

“Motif dari pelaku yang rencananya menjadikan Gedung DPR sebagai target bom ini apa? Ini harus diusut secara tuntas!. Walaupun sebenarnya ini kurang meyakinkan ya, apa juga kepentingannya. Karena Gedung DPR kan rumah rakyat. Kalau memang ada aspirasi yang ingin disampaikan, bisa datang ke sini. Tak perlu menggunakan teror seperti itu,” kata Taufik dalam keterangan pers, Selasa (5/6/2018).

Hal ini menyusul terkuaknya rencana pengeboman Gedung DPR usai penangkapan tiga alumnus Universitas Riau oleh Densus 88 Antiteror pada Jumat (1/6/2018) lalu.

Mereka adalah Muhammad Nur Zamzam, Rio Bima Wijaya, dan Orandi Saputra. Ketiganya disebut-sebut berencana meledakkan bom di Gedung DPR RI dan DPRD Riau.

Di sisi lain, walaupun tidak meyakini bahwa Gedung DPR akan dijadikan target bom, Taufik meminta seluruh pihak tetap mewaspadai hal tersebut. Dia berharap, aksi radikalisme atau serangan teror tidak terjadi di DPR.

Taufik juga mengapresiasi Kepolisian, khususnya Densus 88 Antiteror yang berhasil mengendus rencana teror itu.

“Kita tidak mau, DPR dan semua wilayah di Indonesia menjadi sasaran teror. Paham radikalisme, maupun aksi terorisme harus diberantas hingga ke akar-akarnya. Kita apresiasi langkah Densus 88 yang bisa menggagalkan rencana serangan ke DPR ini. Dan kita dorong dapat diselidiki, dalam kaitan motif si pelaku,” tandas Waketum PAN itu.

Diketahui, Jumat (1/6/2018) lalu, Densus 88 Antiteror Polda Riau menangkap tiga alumnus Universitas Riau. Ketiganya ditangkap di gedung Gelanggang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau. Mereka telah mempersiapkan empat bom rakitan berdaya ledak tinggi siap ledak.

Previous articleDPR Pertanyakan Rencana BNP2TKI Kirim 30 Ribu TKI ke Timur Tengah
Next articleCiptakan Inovasi di Era Industri 4.0, Produsen Elektronika Tingkatkan Riset

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here