Cek Kesiapan KAI Hadapi Lebaran, Menhub Sambangi Stasiun Tugu

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi tengah berbicara kepada wartawan

Jakarta, PONTAS.ID – Memeriksa persiapan arus mudik 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendatangi Stasiun Tugu, Yogyakarta, Sabtu (19/5/2018). Dari kunjungannya, Budi menilai pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di Stasiun Tugu, menghadapi arus mudik 2018 sudah cukup baik.

“Tahun ini apa yang dilakukan oleh KAI khususnya di Stasiun Tugu sudah cukup baik. Yogya adalah destinasi yang favorit dari Jakarta jadi praktis semua tiket itu habis, oleh karenanya saya harus memastikan layanan di Yogya ini seperti apa,” jelasnya.

Budi juga mengaku telah menanyakan soal pelayanan Stasiun Tugu kepada beberaa orang pengguna jasa kereta api si Stasiun Tugu, “Tadi saya tanya kira-kira ada enam penumpang yang memilih menggunakan kereta dibandingkan moda angkutan yang lain karena harganya kompetitif, nyaman, petugasnya ramah, dan juga kepastian waktu,” tuturnya.

Untuk antisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik tahhn 2018, Menhub mengatakan telah menyiapkan kereta tambahan. Hanya saja dari segi jumlah tidak terlalu signifikan hanya sekitar 5-10 persen.

Sebagai informasi, hingga saat ini jumlah pemudik terbesar ada di sektor udara hingga 8 juta pemudik. Sedangkan darat sekitar 7-8 juta pemudik, kereta api 3 juta pemudik dan laut sekitar 1,5 juta pemudik.

Untuk kereta api sendiri dari data rencana operasi angkutan lebaran 2018, meningkat dari armada kereta dan stamformasi (SF,) pada tahun 2017 ada 1764 armada sedangkan tahun 2018 1843.

Sedangkan untuk kereta tambahan memang tahun 2017 lebih banyak yaitu 23 kereta tambahan untuk tujuan yang berbeda dan tahun 2018 hanya ada 20 kereta tambahan.

Selain itu prediksi puncak arus mudik dari perjalanan yang menggunakan kereta api di tanggal 13 Juni 2018 atau H-2 lebaran dan perkiraan puncak purna lebaran pada tanggal 17 Juni 2018 atau H+2.

Editor: Hendrik JS

Previous articleAjukan 33 Pertanyaan, Pasangan Asyik Tak Ada Langgar Pidana
Next articleUji Biodiesel B-20 pada Kereta Api, Pemerintah Semakin Optimis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here