Tiongkok Siap Tampung 500.000 Ton Minyak Sawit RI

Presiden Jokowi dan PM RRT Li Keqiang foto bersama dengan tiga maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, di Istana Kepresidenan Bogor

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, dengan penduduk 1,37 miliar jiwa, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) merupakan pasar yang sangat besar bagi komoditas dan produk-produk Indonesia.

Karena itu, Presiden menekankan pentingnya peningkatan ekspor Indonesia ke negara tersebut.

“PM Li Keqiang mendukung bagi masuknya lebih banyak lagi produk kelapa sawit, sarang burung walet, kopi, kakao, dan buah-buahan dari Indonesia, seperti manggis, buah naga, dan salak,” kata Presiden dalam pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5/2018).

Menurut Presiden, secara khusus PM Li Keqiang menyanggupi untuk peningkatan ekspor Indonesia, tambahan minimal 500.000 ton minyak kelapa sawit ke Tiongkok.

Presiden Jokowi mengemukakan, dalam pertemuannya dengan PM RRT Li Keqiang itu dibahas peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua negara. Selain itu, juga dibahas upaya peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, termasuk perdagangan.

“Sebagai dua negara besar, saya juga sampaikan bahwa kemitraan Indonesia dan RRT harus dapat memberikan manfaat bagi perdamaian, bagi stabilitas, dan bagi kesejahteraan dunia, yang didasarkan pada penghormatan kepada hukum, dan norma-norma internasional,” kata Presiden.

Editor: Hendrik JS

Previous articleBEKRAF dan BPS Rilis Buku Statistik Ekonomi Kreatif
Next articleVladimir Putin Dilantik sebagai Presiden Rusia Keempat Kalinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here