Peringati Hari Kartini, Menkes Nila: Perempuan Harus Punya Bekal Sehat

Nila F Moeloek Menteri Kesehatan

Jakarta, PONTAS.ID – Hari Kartini tinggal sehari diperingati oleh masyarakat Indonesia. Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek, SpM(K) pun mengingatkan kepada perempuan Indonesia menjadi Kartini Kesehatan. Apa itu?

Menurut Menkes Nila, perempuan harus punya bekal sehat seperti sosok RA Kartini.

“Saya mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk menjadi Kartini Kesehatan yang menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” kata Nila F Moeloek selaku Menkes, Jakarta, Sabtu, (21/4/18).

Menkes Nila mengatakan, seorang ibu adalah kunci utama kesehatan dalam keluarga. Ibu harus menjadi pondasi dalam membangun keluarga sehat.

Peran utama ibu, yakni harus merawat dan mendidik anak-anak agar selalu sehat, bahagia, dan ceria. Begitu juga perempuan harus menjadi istri yang setia mendampingi suami dalam berbagai situasi.

“Anak-anak sehat berawal dari seorang ibu yang sehat. Inilah peran penting perempuan Indonesia untuk menyehatkan generasi emas dan bangsa,” katanya.

Tak bosan-bosannya, Menkes Nila mengajak perempuan dan masyarakat luas untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan hidup cerdik. Cerdik yakni membuat seseorang harus rajin cek kesehatan, enyahkan asap rokok dan perlahan-lahan berhentilah, lalu perempuan juga harus rajin aktivitas fisik. Ditambah Anda harus selalu istirahat cukup dan jangan memforsir tenaga. Perempuan juga harus pintar mengelola stres supaya tidak rentan mengidap penyakit akibat ini.

Banyak penyakit yang mengintai perempuan saat ini, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan banyak penyakit lain. Namun, perempuan jarang menyadari, padahal penyakit itu mudah dideteksi dini.

Dalam Peringatan Hari Kartini 2018, Menkes Nila merayakannya bersama seluruh pegawai perempuan Kementerian Kesehatan RI. Pagi tadi ada kegiatan parade busana daerah yang membuat perempuan tampil cantik.

Previous articleTembus Pasar Uni Eropa, Susi Minta UPI Aktif Upayakan Approval Number
Next articleBeberapa Macam Hal Pertengkaran di Awal Pernikahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here