Masuk Pasar Modal, Kemenkop UKM: Kordinasi dengan Kementerian Terkait

Koperasi Indonesia

Jakarta, PONTAS.ID – Kemenkop dan UKM mendorong koperasi masuk pasar modal. Namun sejumlah kendala yang masih perlu diatasi bersama. Selain masalah regulasi, juga terkait belum familiernya kalangan koperasi terhadap obligasi.

Maka dari itu Kementerian Koperasi dan UKM memandang perlu sinkronisasi sejumlah aturan yang menjadi kendala koperasi masuk pasar modal. Sinkronisasi ini juga perlu koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

“Maka akan dilakukan koordinasi dalam rangka harmonisasi/sinkronisasi peraturan terkait mengenai penerbitan obligasi koperasi. Kemenkop dan UKM mendorong koperasi masuk pasar modal. Namun sejumlah kendala yang masih perlu diatasi bersama. Selain masalah regulasi, juga terkait belum familiernya kalangan koperasi terhadap obligasi.” kata Willem H Passaribu selaku sisten Deputi Asuransi Penjamin Dan Pasar Modal Kemenkop dan UKM, Jakarta, Rabu, (18/4/18).

“Untuk itu telah disepakati akan melakukan sosialisasi bersama antara Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yang mencakup tata kelola koperasi yang baik yang mencerminkan transparansi, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban, kesetaraan dan kewajaran,” lanjut Willem

Willem mengatakan hal yang harus diperhatikan dalam rangka kesiapan menerbitkan obligasi koperasi, antara lain perlunya penerapan Good Corporate Governance. Dalam rangka mendorong koperasi masuk pasar modal, Kemenkop dan UKM menggelar Rakor bersama OJK, Mandiri Sekuritas, dan sejumlah perwakilan pemerhati koperasi dan UKM.

“Untuk itu telah disepakati akan melakukan sosialisasi bersama antara Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yang mencakup tata kelola koperasi yang baik yang mencerminkan transparansi, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban, kesetaraan dan kewajaran,” ujarnya.

Previous articleDPR Dorong Polri-BPOM Awasi Peredaran Miras Oplosan
Next articlePemprov DKI Kelebihan Blangko e-KTP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here