Pemerintah Diminta Gelar Operasi Pasar Tekan Harga Bawang putih

Bawang Putih

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan segera melakukan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga bawang putih.

“Pemerintah telah membuka keran impor bawang putih, tapi belum dapat menurunkan harga bawang putih di pasaran,” kata Bambang Soesatyo dalam keterangan pers, Minggu (25/3/2018).

Menurut Bambang, kenaikan harga bawang putih di pasaran dikeluhkan banyak masyarakat.

Guna menekan kenaikan harga bawang putih, menurut dia, Pemerintah harus melakukan upaya ekstra yakni melalui operasi pasar.

“Agar harga bawang putih tetap stabil di paaran, maka sektor tata niaga mulai dari hulunya harus dibenahi,” katanya.

Di sisi lain, kata Bambang, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga membantu para petani agar bawang putih harus panen petani domestik yang diserap di pasaran.

Pemerintah, kata dia, sebaiknya membantu petani bawang menyediakan bibit unggul dan pupuk agar dapat menghasilkan bawang putih berkualitas dan diserap di pasaran.

Politikus Partai Golkar itu mengusulkan kepada Kementan untuk menggandeng kelompok tani bawang guna memperluas lahan pertanian.

“Kementan perlu mengajak para petani bawang yang sudah mulai mengalihkan fungsi lahannya, untuk kembali aktif menanam bawang putih,” katanya.

Bambang juga mengimbau, para petani untuk fokus membudidayakan bawang putih sebagai satu-satunya tanaman guna meningkatkan produksi bawang putih nasional,” katanya.

Previous articleKPK Harus Tindaklanjuti Pengakuan Novanto 
Next articleDPR: Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Tak Boleh Ditunda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here