KPU Gelar Pleno Evaluasi Verifikasi 12 Parpol Hari ini

Jakarta, PONTAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno untuk mengevaluasi hasil verifikasi partai politik. Rapat pleno akan dilakukan hari ini.

“Pleno rutin saja hari ini, harusnya Senin, tapi kemarin tidak bisa karena semua turun verifikasi,” ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi saat dihubungi, Selasa (30/1/2018).

Pramono mengatakan pleno ini membahas evaluasi verifikasi yang telah dilakukan terhadap 12 partai lama. Selain itu, akan membahas terkait verifikasi pada tingkat kabupaten/kota.

“Ya, pasti evaluasi verifikasi, sambil monitor verifikasi tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Pramono.

Verifikasi tingkat kabupaten/kota akan dimulai pada hari ini, tanggal 30 Januari hingga 1 Februari. Jadwal ini sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Dalam verifikasi tingkat kabupaten/kota dilakukan pemeriksaan pada KTP dan KTA kepengurusan, 30 keterwakilan perempuan, domisili kantor dan data keanggotaan.

Sebelumnya, KPU telah melakukan verifikasi terhadap 12 parpol lama yang telah mengikuti pemilu pada 2014. 12 parpol tersebut, yaitu PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, PKB, PBB, dan PKPI.

Previous articleJokowi Jadi Imam Salat untuk Presiden Afghanistan
Next articlePolisi Dianiaya Pemabuk di Tanjung Duren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here