KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Ganjar dan Melchias Mekeng

Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Jakarta, PONTAS.ID – Politisi PDIP Ganjar Pranowo dan anggota DPR dari Golkar, Melchias Marcus Mekeng tidak dapat memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (3/1/2018). Hari ini, keduanya dijadwalkan diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus e-KTP.
Ketidak hadiran mereka disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, “Yang bersangkutan mengirimkan surat bahwa sedang ada tugas kedinasan yang tidak (bisa) diwakilkan,” kata Febri, sore tadi.

Sementara Marcus Mekeng, kata Febri, mengirimkan surat permintaan kepada KPK agar pemeriksaannya dijadwalkan ulang. “Pemeriksaan terhadap keduanya akan dijadwalkan ulang,” ujar Febri.
Sebelumnya, Ganjar dan Mekeng pernah dipanggil KPK terkait kasus dugaan korupsi proyek KTP berbasis elektronik (e-KTP). Nama keduanya pernah disebut ikut menerima aliran dana dariproyek yang diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Dalam surat dakwaan jaksa KPK terhadap dua terdakwa sebelumnya, yakni mantan pejabat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto, Ganjar Pranowo disebut menerima suap sebesar 520.000 dollar AS, saat Ganjar masih menjadi pimpinan di Komisi II DPR RI. Dan tuduhan ini berkali-kali telah dibantah Ganjar.

Demikian juga dalam surat dakwaan KPK, Mekeng yang saat itu menjabat Ketua Badan Anggaran DPR RI, disebut menerima 1,4 juta dollar AS dari pengusaha bernama Andi Agustinus alias Andi Narogong.
Namun, politisi Golkar itu juga sudah membantah dan merasa tuduhan tersebut telah mencemarkan nama baiknya.
Editor: Hendrik JS

 

Previous articleBegitu Surat Golkar Masuk, DPR Segera Lantik Ketua Baru
Next articleDensus 88 Ringkus Pemasok Teroris ke Filippina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here