Pergantian Panglima TNI Tak Perlu Menunggu Gatot Pensiun

Jakarta, PONTAS.ID – Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Kertapati menilai, proses pergantian Panglima TNI yang baru bisa segera dilakukan dan tidak perlu menunggu masa pensiun Jenderal Gatot.

Menurutnya, proses tidak perlu dikhawatirkan atau memancing spekulasi. Terlebih, dari pegalaman TNI selama ini banyak Jenderal yang diganti tanpa harus menunggu masa pensiun. Ketentuan itu juga sesuai dengan amanat UU tentang TNI.

“Jadi prinsipnya, semakin cepat keputusan pergantian Panglima TNI oleh Presiden Jokowi akan semakin baik untuk organisasi TNI secara keseluruhan,” tegas Susaningtyas melalui pesan singkat, Selasa (5/12/2017).

Lebih lanjut, Nuning sapaan Akrab Susaningtyas ini mengatakan, dengan adanya calon panglima TNI yang baru diharapkan Panglima saat ini tidak melakukan atau membuat keputusan strategis bagi TNI.

“Sebaiknya Panglima TNI sekarang tidak membuat keputusan strategis apapun lagi, sehubungan dengan sudah adanya usulan Calon Panglima TNI yang baru,” tandas Nuning yang juga dosen di universitas pertahanan (UNHAN) ini.

Hal senada juga dikatakan, Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, sehubungan dengan surat presiden Jokowi kepada pimpinan DPR RI (tentang pemberhentian dan pengangkatan panglima TNI), maka berdasarkan prosedur yang berlaku komisi I sebagai mitra kerja TNI akan segera melaksanakan uji kelayakan terhadap panglima baru yang menurut surat tersebut ditunjuk kepada KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahyanto.

“Konsekwensi logisnya maka calon panglima TNI harus segera menyiapkan diri untuk mengikuti uji kelayakan yang akan dilaksanakan di komisi I DPR,” kata TB Hasanuddin melalui pesan singkat, Selasa (5/12/2017).

Sementara itu karena sudah ada surat resmi dari presiden tentang rencana pemberhentian Jenderal TNI, maka sebaiknya Jenderal Gatot sudah mulai menyiapkan memo serah terima jabatan dan tidak membuat keputusan keputusan strategis di akhir masa jabatannya termasuk melakukan mutasi para perwira tingginya.

“Mutasi para perwira tinggi sebaiknya dilakukan oleh panglima baru agar suasana kondusif akan lebih tercipta,” tandas politikus PDIP ini.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menyodorkan nama KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI ke DPR untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo akan masuk masa pensiun pada Maret 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here