Wow! Ada Kopi Seharga 3 Juta

Coffee Luwak (Ilustrasi)
Coffee Luwak (Ilustrasi)

JAKARTA, PONTAS.ID – Kopi saat ini menjadi minuman gaul di kalangan masyarakat, bukan hanya orang tua saja yang menggemari kenikmatan cita rasa kopi itu sendiri. Apakah anda tahu, ternyata Indonesia mempunyai aneka kopi yang nikmat dan terkenal di dunia. Kopi luwak adalah salah satu kopi khas Indonesia. Sugeng sebagai pengusaha kopi luwak, bahkan mengklaim produknya sebagai kopi luwak termahal di dunia. Dia menjual kopinya seharga Rp 3 juta per kilogram untuk pasar domestik, Rp 6,5 juta per kilogram untuk pasar Asia, dan Rp 9,5 juta kilogram untuk pasar Eropa.

“Kita sudah ekspor ke Jerman, Spanyol, Inggris, dan untuk wilayah Asia ada Tiongkok, Jepang, Korea, Malaysia, dan Singapura,” kata Sugeng selaku pengusaha Kopi Luwak, Jakarta, Kamis, (23/11/17).

Sebelum menggeluti usaha ini, Sugeng melakukan riset terlebih dahulu pada 2011 terhadap hewan luwak. Di tahun tersebut ada kampanye negatif dari organisasi People for the Ethical Treatment of Animal, berpusat di Virginia, Amerika Serikat, yang menentang keras kopi luwak. Sugeng menyatakan, kampanye stop kopi luwak disebabkan karena eksploitasi terhadap hewan luwak. Namun, Sugeng tidak sepakat dengan hal itu. Hingga saat ini, Sugeng telah mempunyai lebih dari 200 ekor luwak yang ditempatkan pada kandang berukuran 3 x 3 x 3 meter untuk satu luwak.

Sugeng merawat luwak-luwak itu, dengan memberikan vaksin rabies setahun sekali, obat cacing 3 bulan sekali, vitamin dan madu seminggu 2 kali, daging ayam seminggu sekali, dan setiap pagi diberikan susu. Makanannya, selain kopi, juga diberikan pisang dan pepaya. Satu ekor luwak dalam sebulan mampu menghasilkan 50 gram, maksimal 1 ons kopi. Kopi luwak ini bisa didapatkan di Desa Cikole, Lembang, Bandung. Omzet dari kopi ini bisa mencapai Rp 120 juta per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here