Soal DPR Periode Mendatang, Ini Kata Formappi

Jakarta, PONTAS.ID – Peneliti Formappi Lucius Karus mengungkapkan bahwa DPR RI peridoe 2024-2029 tidak akan berubah karena fraksi-fraksi yang ada saat ini masih sama hanya minus PPP.

Hal ini disampaikan Lucius menyikapi soal gambaran DPR periode 2024-2029 mendatang akan dilantik.

“Jadi dari sisi fraksi penghuni parlemen nampaknya ngga ada yang baru. Yang mungkin menjadi pembeda nanti adalah kelompok fraksi berdasarkan dukungan terhadap pemerintahan baru,” kata Lucius. Senin (24/6/2024).

Lucius pun menilai, nampaknya ada suasana berbeda dalam konteks koalisi dan oposisi itu. Ada fraksi yang sebelumnya menjadi pendukung pemerintah lalu memilih jadi oposisi, begitu sebaliknya.

Dan umumnya dinamika parlemen itu ditentukan oleh koalisi dan oposisi itu.

“Keberadaan 580 anggota DPR kerap hanya dekorasi saja karena kekuasaan mereka semuanya bersumber atau tergantung pada partai atau fraksi,” tegasnya.

“Jadi ngga ada pembeda sih mau anggota 575 atau 580 itu,. Pun demikian juga ngga ada yang akan berubah dengan komposisi wajah lama dan baru, artis dan non artis, pengusaha dan politisi dll,” terangnya.

Lebih lanjut Lucius menyatakan, kuatnya cengkeraman parpol pada anggota DPR membuat pilihan anggota untuk bermanuver sendiri menjadi sangat terbatas.

“Dengan kondisi keanggotaan parlemen yang tak banyak menunjukkan aura perubahan, nampaknya kita masih akan berhadapan dengan persoalan-persoalan parlemen yang sama yaitu DPR akan menjadi alat kekuasaan (tukang stempel) tandasnya.

Previous articleMPR Dorong Generasi Muda Ambil Peran Maksimal Selamatkan Perpolitikan Indonesia
Next articleIMI Dorong Peningkatan Prestasi Drifter Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here