MPR Dorong Pemerataan Dokter Spesialis demi Kualitas Penerus Bangsa

Lestari Moerdijat
Lestari Moerdijat

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan pemerataan layanan kesehatan anak yang berkualitas harus mampu direalisasikan. Pasalnya, hal ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guna memastikan kualitas generasi penerus bangsa yang sehat dan berdaya saing di masa depan.

Lestari atau yang akrab disapa Rerie menegaskan, sejumlah langkah strategis untuk mewujudkan layanan kesehatan yang berkualitas di antaranya yakni melalui pemerataan dokter spesialis. Upaya ini harus segera ditempuh agar mampu mengakselerasi pemerataan layanan kesehatan bagi setiap anak Indonesia.

“Jaminan kesehatan generasi penerus bangsa harus dipastikan dengan pemberian layanan kesehatan yang berkualitas dan merata di seluruh Tanah Air,” ujarnya.

Berdasarkan Catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), saat ini akses terhadap layanan kesehatan anak berkualitas di Indonesia belum merata. Masih terdapat sejumlah masalah seperti terbatasnya infrastruktur kesehatan di daerah terpencil dan minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan anak. Kondisi ini pun dikhawatirkan akan mempengaruhi tumbuh kembang anak untuk menjadi lebih sehat dan tangguh di masa datang.

Di samping itu, data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), per tanggal 24 April 2024 mengungkapkan terdapat 59.422 dokter spesialis yang teregistrasi di Indonesia, terdiri dari 53.779 dokter spesialis dan 5.643 dokter gigi spesialis. Angka tersebut mencakup seluruh dokter dari 46 kelompok spesialisasi, termasuk spesialis anak. Jumlah dokter spesialis yang praktik di Jakarta mencapai 18,3% dari total dokter spesialis nasional.

Melalui hal tersebut, Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu berpendapat mempersiapkan generasi penerus bangsa yang tangguh dari sisi kesehatan merupakan upaya yang tidak boleh diabaikan. Hal ini dikarenakan beragam tantangan yang dihadapi dalam berbangsa dan bernegara di masa mendatang membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang prima dari setiap anak bangsa.

Sehingga, tambah Rerie, upaya untuk memastikan setiap anak bangsa terjamin kualitas kesehatannya dalam proses tumbuh kembang mereka harus menjadi kepedulian bersama. Oleh karena itu, abai terhadap pemenuhan layanan kesehatan anak yang berkualitas dan merata di tanah air berpotensi memangkas ketangguhan dan daya saing generasi penerus di masa datang.

 

Previous articleDua Anggota Terpilih 2024-2029 yang Hadir, Langsung Serahkan Dukungan ke LaNyalla
Next articleDeklarasi Paket Pimpinan DPD Kurang Beretika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here