Pemain Naturasilasi Atau Tidak, Mereka Tetap WNI

Cianjur, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR sekaligus anggota Komisi I DPR Syarief Hasan mengatakan, persetujuan DPR RI terhadap naturalisasi pemain timnas sepak bola, adalah salah satu cara meningkatkan mutu permainan sepak bola Indonesia.

Karena para pemain naturalisasi, memiliki rekam jejak serta sistem pelatihan yang sangat baik, sejak usia dini. Perekrutan pemain melalui naturalisasi juga bertujuan untuk mendorong semangat serta kualitas seluruh pemain, supaya meningkatkan mutu permainan timnas.

Apa yang ditempuh oleh PSSI bekerja sama dengan pemerintah melakukan naturalisasi terhadap pemain keturunan, kata Sjarifuddin Hasan memberi dampak yang signifikan. Terbukti, permainan serta mental timnas semakin baik. Selain itu timnas bola Indonesia, juga makin disegani oleh kawan dan lawannya, baik dikawasan Asia maupun dunia.

“Naturalisasi dilakukan untuk mempercepat kualitas para pemain timnas. Karena hadirnya pemain naturalisasi, bisa memberi pelajaran dan berbagi pengalaman. Juga meningkatkan persaingan diantara sesama pemain,” kata Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat, Kamis 18 Januari 2024.

Karena itu, keberadaan pemain naturalisasi dalam tubuh timnas sepak bola Indonesia, tidak pantas dipersoalkan. Baik pemain naturalisasi, maupun yang asli Indonesia, semuanya adalah sama-sama warga negara. Mereka juga memiliki tekad serupa, yaitu memajukan sepak bola Indonesia.

Peningkatan mutu permainan bola, menurut Syarief Hasan tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Harus ada upaya-upaya yang dilakukan secara terus menerus, dengan melibatkan pemain-pemain usia dini secara berkelanjutan. Dan tidak bisa dilakukan secara instan.

“Sepak bola adalah permainan kelompok, sehingga membutuhkan latihan bersama-sama, secara berjenjang dan terus menerus. Tidak bisa menggantungkan pada beberapa pemain saja. Tetapi harus banyak pemain,” ungkapnya.

Kepada tim-tim yang ikut dalam turnamen bola se-Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Syarief Hasan menitip pesan, agar seluruh, pemain, official hingga penonton mengutamakan sportifitas dalam berkompetisi. Menjauhkan diri dari cara-cara yang tidak dibenarkan dalam dunia sepak bola dan olah raga pada umumnya. Serta menjaga sikap profesionalisme, sportifitas dan disiplin.

“Sportifitas adalah cara-cara yang kerap ditempuh untuk meretas etika yang bagus, baik dalam dunia olah raga maupun kehidupan sehari-hari. Karena itu bermainlah secara sportif, mudah mudahan, akan muncul bibit-bibit pemain bola yang bisa mendukung timnas Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleRilis Buku ke-32 “Konstitusi Butuh Pintu Darurat”, Ketua MPR Hargai Keputusan MK
Next articleNarasi Pemakzulan dan Pemilu Curang Bahayakan Negara dan Bangsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here