Lagi, HUT Ke-78 RI di Istana Tunjukkan Kekayaan Budaya Bangsa

Presiden Jokowi mengenakan pakaian Ageman Songkok Singkepan Ageng, Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat saat memimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023) //Foto: Akun @Jokowi

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023). Kali ini, Presiden mengenakan pakaian Ageman Songkok Singkepan Ageng, Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat.

Ageman dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji. Momen dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi warganya.

Presiden juga menyempatkan diri menyapa masyarakat yang hadir di Istana Merdeka. Sontak masyarakat langsung mengabadikan momentum tersebut dengan gawainya.

Sementara itu, Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hari ini adalah Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan yang merupakan Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Kemudian, Komandan Kompi Paskibraka dijabat Kapten Mar. Ganteng Prakoso. Dia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Perwira Upacara hari ini adalah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Dia berstatus sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Dari Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Lilly Indriani Suparman Wenda asal Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa bendera pusaka Merah Putih didampingi 75 anggota lainnya yang tergabung dalam Tim Indonesia Maju.

Lilly didampingi dua anggota Paskibraka lainnya untuk mengibarkan bendera merah putih.

Nathaniel Shawn Edgar Sondakh dari Sulawesi Utara menjadi pembentang bendera dan Alfin Alfarisi dari Sumatera Barat bertugas sebagai pengerek bendera.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleHUT Ke-78 RI, Gubernur DKI Gelorakan Semangat Gotong Royong
Next articleHUT Kemerdekaan RI di Tapsel, Bupati Kukuhkan 68 Anggota Paskibra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here