Kunjungi Bulog Jatim, DPD Cek Kesiapan Distribusi Beras Jelang Lebaran

Surabaya, PONTAS.ID – Untuk memastikan bahan pangan, khususnya beras, tidak terkendala hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengunjungi Kantor Bulog Jawa Timur, Selasa (28/3/2023). Ketua DPD RI ditemui oleh Kepala Divre Bulog Jatim, Ermin Tora.

Menurut LaNyalla, kunjungannya kali ini untuk memastikan agar Bulog tak memiliki kendala dalam mendistribusikan kebutuhan pangan rakyat.

“Apalagi ini jelang Idul Fitri 1444 H, di mana permintaan terhadap beras pasti meningkat. Saya ingin memastikan agar Bulog tak memiliki kendala, sehingga tak mengganggu kebutuhan masyarakat,” kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu juga meminta Bulog melibatkan mitra pemerintah dalam mendistribusikan beras untuk rakyat. Salah satunya melalui koperasi. “Kemitraan antara Bulog dengan koperasi ini saya kira kerja sama yang saling menguntungkan dan membantu distribusi pasokan pangan rakyat,” katanya.

Menurutnya, koperasi merupakan badan ekonomi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat menengah ke bawah.

“Dengan menjalin kemitraan bersama koperasi, distribusi beras tak akan salah sasaran, karena koperasi menaungi masyarakat kelas menengah ke bawah. Koperasi memiliki data valid,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI itu.

Dengan begitu, LaNyalla yakin distribusi beras akan terukur dan terarah, sehingga meminimalisir salah sasaran. “Hal ini bisa mengantisipasi terjadinya aksi penimbunan yang sering kita dengar terjadi jelang hari-hari penting, salah satunya Idul Fitri,” tegas LaNyalla.

Kepala Bulog Kanwil Jatim, Ermin Tora sependapat dengan Ketua DPD RI. Menurutnya, Bulog berkomitmen menjaga pasokan pangan rakyat agar tepat sasaran dan selalu tersedia.

“Kami sependapat bahwa rantai pasokan pangan rakyat ini tak boleh terkendala. Distribusinya pun harus tepat sasaran,” kata Ermin.

Pun halnya dengan kemitraan bersama koperasi, Ermin menyetujui gagasan Ketua DPD RI. Katanya, koperasi merupakan unit usaha rakyat yang didirikan oleh rakyat dan untuk kepentingan rakyat.

“Koperasi adalah badan usaha yang memang dimaksudkan untuk menggerakkan perekonomian rakyat. Koperasi merupakan soko guru utama perekonomian kita. Saya sependapat agar kemitraan bisa dijalin dengan koperasi untuk distribusi beras,” kata Ermin.

Pada pertemuan itu, Ketua DPD RI didampingi Staf Ahli Ketua DPD RI Baso Juherman, Kepala Kantor Daerah DPD RI Perwakilan Jawa Timur Rony Suharso, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto dan Wakil Ketua Umum Kadin Jatim M Diah Agus Muslim

Previous articleCari Berkah, Polres Pasuruan Bagikan takjil, Sembako hingga Uang Tunai ke Masyarakat
Next articleMPR Apresiasi Upaya Mahasiswa Gaungkan Anti Kekerasan di Lingkup Perguruan Tinggi Kedinasan Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here