Dukung Kepengurusan Erick Thohir di PSSI, Ini Harapan Jokowi

Presiden RI, Joko Widodo

Jakarta, PONTAS.ID –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketua Umum PSSI yang baru dapat melakukan reformasi total terhadap persepakbolaan Indonesia. Harapan ini disampaikan usai membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023, Kamis (16/2/2023).

“Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi, yang kita harapkan terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita, ya,” kata Presiden dalam keterangannya, yang dilansir PONTAS.id, siang ini.

Presiden juga berharap pengurus PSSI yang baru bisa membuat sepakbola Indonesia menjadi lebih baik.

“Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup dan bisa paling tidak ASEAN bisa step pertama bisa kita pegang, kemudian Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan dari pemerintah itu saja,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menegaskan bahwa pemerintah tidak ikut campur dalam penyelenggaraan KLB PSSI. “Pemerintah tidak ikut-ikutan di sana sesuai dengan statuta,” tegasnya.

Sepakbola Bersih

Sebelumnya, Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI 2023-2027 saat Kongres Luar Biasa (KLB) di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Erick sukses mengalahkan tiga pesaing lainnya dalam perburuan kursi nomor satu di PSSI. Erick Thohir mendapatkan 64 suara, sedangkan La Nyalla Mattalitti mendapatkan 22 suara.

Erick juga meminta dukungan kepada awak media untuk tetap mengawasi pekerjaan PSSI dari luar. Ia minta media menjadi penjaga sepak bola Indonesia yang bersih dari praktik mafia pengaturan skor.

“Saya berharap ini menjadi tujuan utama baru kita bicara prestasi. Tidak mungkin kita bicara prestasi tapi sepak bola tidak bersih. Ini tidak mudah,” ujarnya

Mantan presiden klub Inter Milan itu juga berharap Indonesia mampu jadi tuan rumah yang baik untuk Piala Dunia U-20 2023. “Tentunya tugas terberat itu 94 hari lagi kita menghadapi kejuaraan dunia U-20. 94 hari lagi, ini angka yang luar biasa,” urai Erick.

“Ini event terbesar kedua daripada FIFA, dan tidak mungkin Indonesia 10 tahun sekali dapat kejuaraan umur 20, tidak mungkin. Artinya apa? Martabat bangsa kita tidak hanya di penyelenggaraan yang utama. Ini kita pertaruhkan, 94 hari lagi,” sambungnya.

Erick mengaku akan segera menemui jajaran tim pelatih dan pemain Timnas Indonesia U-20. “Untuk tim nasional saya akan segera bicara dengan pelatih dan pemain, apa yang bisa kita support untuk mereka, agar mereka berikan yang terbaik. Tidak mudah tapi kita coba lakukan, itu saja dari saya,” terang Erick.

Untuk menjalankan tugas sebagai Ketua PSSI, Erick nantinya akan didampingi Zainudin Amali dan Yunus Nusi yang resmi terpilih sebagai wakil.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady
Previous articleGelar Jumat Curhat, Kapolsek Buay Madang Ingatkan Hal Ini
Next articleUsung Tema We Are One Sambung Silaturami Rekan Seprofesi, KWP Cup Mini Soccer 2023 Siap Kick-Off Sabtu Besok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here