Cegah Banjir Area Pesawahan, RSI Pasang Pipa Pembuangan Air Dua Desa di Sergai

Sergai, PONTAS.ID – Regal Springs Indonesia (RSI) lakukan bakti sosial dan bantuan kepada masyarakat khususnya petani yang mempunyai areal persawahan di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin dan warga Desa Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan.
Bantuan yang diberikan RSI yakni dengan melakukan pemasangan pipa pembuangan air yang berguna untuk mencegah areal persawahan milik warga tidak kebanjiran.
Demikian disampaikan oleh Agam Junaidi Sinaga selaku Community Affairs Manager RSI kepada media melalui media perpesanan WhatsApp, Jum’at (9/9/2022).
Pemasangan pipa horizontal yang dilakukan pihak RSI ini, kata Agam Sinaga bertujuan  mencegah terjadinya banjir sekitar areal persawahan milik warga.
“Pemasangan pipa ini, nantinya dapat mencegah terjadinya banjir di areal persawahan milik warga di Desa Nagakisar, Kecamatan Pantai Cermin dan Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan. Kebetulan kedua desa tersebut, saling batas dua kecamatan,” jelasnya.

Agam Sinaga menambahkan, kalau kegiatan pemasangan pipa ini atas kerjasama RSI dengan Pedoman Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Desa Naga Kisar dan Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai.

“Dukungan ini adalah salah satu upaya perusahaan, untuk dapat berkontribusi terhadap aktivitas produktif masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan, seperti pertanian,” ucap Agam.
Secara berkesinambungan, RSI terus melakukan pembersihan saluran air areal persawahan warga dengan membuang tumbuhan yang dapat membuat penyempitan saluran air, seperti tumbuhan eceng gondok dan tumbuhan lainnya.
“Pembersihan tumbuhan disekitar saluran air,dilakukan setiap 2 bulan sekali agar air mengalir ke persawahan petani,” papar dia.
Terpisah, Camat Pantai Cermin, Muhammad Hidayat Tambunan mengucapkan terima kasih kepada pihak RSI, yang telah memberikan kontribusi dalam mendukung perekonomian petani dan ketahanan pangan dengan melakukan pemasangan pipa saluran pembuangan air sekitar areal persawahan di Desa Nagakisar.
“Pemasangan pipa tersebut, nantinya banjir dapat dicegah sehingga hasil pertanian dapat meningkat,” ungkap dia.
Penulis: Andy Ebiet
Editor: Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleDihadiri Walkot Medan, Bupati Sergai Silaturahim Dengan Bilal Mayit dan Guru Ngaji
Next articleTaklukan Tim Perpapi, PS Sergai Juarai Bonas Cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here