Tingkatkan SDM Nahkoda, RSI Dukung Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Danau Toba

Sergai, PONTAS.ID – Salah satu upaya untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dari nakhoda kapal, dan memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.52 Tahun 2012 Tentang Alur Sungai dan Danau, Regal Springs Indonesia (RSI) bekerjasama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara mengadakan kegiatan Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau.
Selain itu juga RSI mengadakan sertifikasi kepada 50 orang nakhoda kapal di Pelabuhan Ihan Batak, Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Sabtu (21/05/2022).
Kegiatan sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau tersebut dilakukan demi mengikuti Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020. Demikian disampaikan oleh Fitri Anggraini selaku Communication Manager RSI, kepada media melalui media perpesanan WhatsApp, Senin (23/5/2022).
“Kegiatan RSI dalam pembesaran ikan tilapia yang berada di Danau Toba, tentunya membutuhkan alat transportasi air atau kapal guna mencapai lokasi Keramba Jaring Apung (KJA) yang berada ditengah danau,” katanya.
Selain itu, Donald William Mcintyre selaku General Manager Farming RSI juga menambahkan, dalam menjalankan operasional dibeberapa kabupaten di Danau Toba, saat ini pihaknya memiliki lebih dari 42 unit kapal sebagai alat transportasi untuk mengangkut pakan, pengawas patroli dan kapal pengangkut karyawan menuju lokasi kerja yang dioperasikan sendiri, maupun bermitra dengan operator kapal sekitar 30 SDM nakhoda kapal.
“Tentunya untuk memenuhi persyaratan sesuai ketentuan, kepatuhan dalam  mengoperasikan kapal, keselamatan berlayar serta untuk peningkatan skill para kru kapal, kami
mendukung setiap upaya kolaboratif dengan setiap pemangku kepentingan di wilayah  operasional Regal Springs Indonesia,” jelasnya.
Adapun untuk materi pelatihan yang disampaikan yaitu mencakup sosialisasi Konstruksi Kapal, Sungai dan Danau, cara berlalu lintas, SAR Sistem, penegakan hukum kapal, tata cara penerbitan Surat  Persetujuan Berlayar (SPB) dan materi lainnya yang berhubungan dengan kelaik lautan kapal
Sungai dan Danau.
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat BPTD Wilayah II Sumatera Utara, Batara Pardede melalui Koorsatpel Toba, Rijaya Simarmata mengatakan, bahwa sejak Peraturan Dirjen Pehubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020 ditetapkan dan sudah berjalan lebih dua tahun, hingga saat ini proses penerbitan kelengkapan adminstrasi dan juga pemeriksaan kelaikan kapal masih berjalan baik, yang dilakukan oleh Direktorat TSDP maupun BPTD Wilayah II Sumatera  Utara.
“Kegiatan sosialisasi adalah salah satu upaya kami untuk memastikan para peserta di sini dapat lebih memahami tentang

keselamatan berlayar. Kolaborasi dari berbagai pihak tentunya sangat bermanfaat dalam hal peningkatan kapasitas SDM,” ujar Rijaya Simarmata.
Hadir sebagai narasumber Kepala Koordinator Basarnas Danau Toba Hisar Turnip,  Kasat Polairud markas Danau Toba, AKP Dodi Gunawan dan narasumber lain dari BPTD Wilayah II Sumatera Utara.
Penulis : Andy Ebiet
Editor: Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleGelar Liga Santri Piala Kasad 2022, Askab dan Dandim Kendal Lakukan Audiensi
Next articleDPR Sahkan RUU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan Hari Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here