Pemerintah Indonesia Mesti Galang Kekuatan Hentikan Kebrutalan Israel

emonstran Palestina di Gaza

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Palestina menyatakan sejak hari Minggu (7/8/2022) kemarin menyampaikan korban tewas akibat serangan Israel ke wilayah Gaza meningkat menjadi 29 orang dan 214 orang luka-luka.

Menanggapi hal ini, anggota Komisi I DPR Sukamta menyatakan keprihatinan yang mendalam atas banyak korban sipil termasuk anak-anak di dalamnya.

“Bombardir serangan udara Israel di pemukiman penduduk, ini jelas secara sengaja menyasar warga sipil. Ini kekejian yang nyata. Isarel secara terang-terangan mengabaikan hukum internasional dan banyak prinsip kemanusiaan.
Mengutuk serangan ini tentu tidak cukup, harus ada upaya nyata untuk hentikan kekejian ini,” katanya, Senin (8/8/2022).

Untuk itu Wakil Ketua Fraksi PKS DPR ini meminta pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri untuk menggalang kekuatan menghentikan kebrutalan Israel.

“Harus ada tekanan dari komunitas internasional untuk hentikan serangan Israel. Komunitas internasional juga perlu segera memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Saya berharap pemerintah Indonesia bisa melakukan inisiasi untuk menggalang kekuatan,” tegasnya.

Sukamta juga berharap komunitas internasional tidak menerapkan standar ganda dalam menangani konflik.

“Jika komunitas internasional bisa bersikap tegas dan melakukan embargo ekonomi kepada Rusia karena menginvasi Ukraina, mestinya sikap tegas yang sama juga bisa dilakukan kepada Israel yang jelas-jelas telah melakukan pendudukan terhadap wilayah Palestina puluhan tahun lamanya. Dan terus melakukan aksi brutal pembunuhan dan pemboman terhadap warga sipil,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleTekan Angka Stunting, DPD: Kampanyekan Wajib ASI Eksklusif
Next articleAdara Relief Kirimkan Bantuan Obat-obatan untuk Korban Palestina dari Serangan Israel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here