Perlu Sinergi Insan Kehumasan Agar Informasi dan Esensi Sidang Tahunan MPR Sampai ke Masyarakat

Jakarta, PONTAS.ID – Forum Bakohumas MPR diselenggarakan setiap tahun menjelang Sidang Tahunan MPR.

Hal demikian disampaikan Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono saat memberi sambutan dalam Forum Bakohumas yang bertema ‘Sidang Tahunan MPR Sebagai Konvensi Ketatanegaraan’, Ruang Delegasi, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, 4 Agustus 2022.

Untuk mensukseskan acara Sidang Tahunan MPR Tahun 2022, Sekretariat Jenderal MPR  mengadakan Bakohumas dengan mengundang seluruh jajaran insan kehumasan dari lembaga negara, kementerian, dan instansi lainnya. “Jumlahnya kurang lebih ada 100 orang dari berbagai lembaga negara, kementerian, dan instansi lainnya,” ujarnya.

Menurut alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman itu, Bakohumas merupakan forum yang sangat strategis bagi MPR yang sebentar lagi pada tanggal 16 Agustus 2022 akan menyelenggarakan agenda ketatanegaraan yakni Sidang Tahunan MPR dan dilanjutkan pada tanggal 18 Agustus 2022 dengan Peringatan Hari Konstitusi. “Yang rencananya akan dihadiri oleh Bapak Presiden,” tuturnya.

Mengingat pentingnya agenda ketatanegaraan, maka menurut pria asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah itu,  Bakohumas menjadi forum penting dalam rangka untuk melakukan diseminasi informasi kepada publik terhadap kegiatan-kegiatan persidangan dan agenda kenegaraan  di MPR sebagai agenda penting ketatanegaraan. “Kita berharap insan kehumasan dari berbagai lembaga negara dan kementerian serta instansi lainnya dapat bersinergi dan berkolaborasi agar informasi kegiatan MPR di tahun ini bisa sampai ke masyarakat,” tuturnya.

Pria yang saat ini menempuh Program Doktoral Kajian Strategi Global di Universitas Indonesia itu mengatakan Sekretariat Jenderal MPR berharap insan kehumasan tidak hanya menyampaikan  seremonial dari agenda ketatanegaraan tetapi juga memberikan pemahaman  materi agenda ketatanegaraaan sehingga masyarakat memahami   substansi dan esensi  sidang tahunan yaitu laporan kinerja masing-masing lembaga negara. “Demikian dalam Peringatan Hari Konstitusi, masyarakat akan memahami  tentang pelaksanaan peran dan  fungsi konsitusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ,” tambahnya.

Dirinya ingin Bakohumas yang digelar  bisa berlanjut tidak hanya pada agenda ketatanegaraan tetapi juga dalam memberikan infromasi kepada publik terkait  tugas dan wewenang MPR lainnya “Agenda MPR yang lain kita berharap juga informasinya sampai kepada publik,” ucapnya. Ditegaskan harapan semua bahwa  suksesnya penyelenggaraan Sidang Tahunan dan Peringatan Hari Konstsitusi tidak hanya pada aspek penyelenggaraan tetapi juga menimbulkan pemahaman kepada masyarakat, tetapi juga sebagai wahana untuk mendapatkan masukan  dari masyarakat “Memberi manfaat yang besar kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Hadir dalam forum itu Ketua MPR H. Bambang Soesatyo SE., MBA., Wakil Ketua MPR Prof. Syarifudin Hasan MM., MBA., Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto S.Pt., Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo selaku Ketua Umum Bakohumas, Usman Kansong S.Sos., MSi., Pelaksana Tugas Deputi Administrasi Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah SE., MSi., dan utusan kehumasan dari berbagai lembaga negara, kementerian, dan instansi lainnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleLangkah Tepat PPHN Dihadirkan Melalui Konvensi Ketatanegaraan Tanpa Amandemen Konstitusi
Next articleWabup bersama Kapolres Pasuruan Ikuti Vidcon Penutupan Program Jamban Keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here