Gubernur Kepri Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual, Jokowi: Bumikan Pancasila!

Tanjungpinang, PONTAS.ID – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad beserta jajaran Forkompimda Kepri mengikuti Upacara Peringatan Hari Pancasila tingkat nasional secara virtual di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (1/6/2022) pagi.

Secara terpusat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tema yang diusung dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2022 ini adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Pancasila menjadi modal utama bangsa Indonesia untuk bisa bangkit menjadi lebih kuat dalam menghadapi pergolakan dunia dewasa ini.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak seluruh anak bangsa Indonesia untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende, saya mengajak untuk seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Pancasila tidak hanya sekedar mempersatukan bangsa, tapi Pancasila telah menjadi sebuah bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengingatkan agar seluruh anak bangsa mengamalkan dan memperjuangan Pancasila. Menjadi tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa,” tegas Presiden.

Usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Gubernur Ansar melanjutkan kegiatan dengan memberikan kenang-kenangan untuk melepas Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang memasuki usia pensiun. Salah satu diantaranya adalah ibu Mariayani Ekowati yang terakhir menjabat sebagai Asisten III Administrasi Umum Setda Kepri.
Ansar juga menyerahkan santunan manfaat jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai non ASN di Pemprov Kepri. Terakhir, Gubernur Ansar menutup rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan menyerahkan SK PPPK Guru Tahap II ke dua orang perwakilan guru PPPK. Sebanyak 264 orang guru SMA diterima menjadi PPPK yang tersebar di seluruh Provinsi Kepri.
Upacara juga dihadiri  Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara, Kas Kogabwilhan I Mayor Jenderal TNI Lismer Lumban Siantar, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, dan Kasrem 033/WP Kolonel Inf Enoh Solehudin.
Penulis: Thomson Budi
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleTinjau Nongsa Digital Park, Kemenparekraf Dukung Industri Ekonomi Kreatif Dengan Semangat 3G
Next articleProgram Unggulan, Sahabat PMI Jakarta Utara Dikukuhkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here