Usir Pemudik dari Rest Area 389B, Ini Penjelasan Satlantas Polres Kendal 

Kendal, PONTAS.ID- Jajaran Satlantas Polres Kendal meminta para pemudik yang sedang beristirahat di rest Area 389 B tol Kendal-Semarang untuk segera meninggalkan rest area, Rabu (27/4/2022)

Imbauan tersebut disampaikan petugas agar para pemudik segera meninggalkan rest area karena jalur B arah Jakarta akan dipakai untuk pengaturan arus mudik dengan sistem one way.

“Kami anggota Satlantas polres Kendal, menghimbau para pemudik yang sedang beristirahat untuk segera meninggalkan rest area 389 B karena jalur B akan dipakai untuk pengaturan arus mudik dengan sistem one way,” kata Kasatlantas Polres Kendal, AKP Ilham Safriantoro Sakti.

“Pengusiran” ini merupakan simulasi persiapan pengaturan arus mudik menjelang diberlakukannya sistem one way di jalan tol.

“Himbauan  ini kami lakukan adalah persiapan pemberlakukan sistem one way di jalan tol Kendal-Semarang saat puncak arus mudik mendatang,” terang Ilham.

Ilham menambahkan Ditlantas Polda Jateng melakukan gladi pemberlakukan one way yang berjalan dengan lancar.

Satlantas Polres Kendal juga telah menyiapkan tiga pintu exit tol yang akan ditutup dan mengeluarkan kendaraan yang akan menuju Jakarta saat diberlakukannya sistem one way yakni exit tol Kaliwungu, exit tol Kendal dan exit tol Weleri.

“Hari ini Ditlantas Polda Jateng melakukan gladi pemberlakukan sistem one way dan semuanya berjalan lancar termasuk di wilayah Kendal. Satlantas Polres Kendal akan menyiapkan sarana dan prasarana yang nantinya digunakan untuk menutup tiga pintu exit tol yakni Kaliwungu, Kendal dan Weleri. Kami tadi  menutup arus kendaraan yang mau masuk exit tol dan mengeluarkan kendaraan yang akan menuju Jakarta,” tambahya.

Lebih lanjut Ilham menuturkan pemberlakukan sistem one way akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2022 pada pukul 17.00 Wib sehingga jalur B harus bersih dari kendaraan.

“One way ini diberlakukan mulai tanggal 28 April 2022 jam 5 sore saat puncak arus mudik. Dua jalur termasuk jalur B di jalan tol akan dipakai untuk arus kendaraan dari arah Jakarta. Jadi dua jam sebelum pemberlakukan one way, jalur B harus bersih,” lanjutnya.

Sementara itu, arus mudik pada H-6 yang melintas jalan tol Kendal-Semarang mulai ada peningkatan meski belum menunjukkan signifikan.

“H-6 ini arus mudik yang melalui tol Kendal-Semarang mulai ada peningkatan tapi tidak terlalu signifikan,” tuturnya.

Samuel salah satu pemudik dari Kelapa Gading, Jakarta menuju Surabaya mengatakan, lebih memilih berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan.

“Ya ini berangkat lebih dulu soalnya kalau berangkat mepet nanti takut kena macet,” kata Samuel.

Samuel berangkat dari Jakarta pukul 6 pagi dan selama perjalanan tidak mengalami kemacetan.

“Tadi berangkat dari Jakarta jam 6 pagi dan selama perjalanan tidak mengalami kemacetan. Kami lewat tol dan pantura, lancar semuanya,” pungkasnya.

Penulis: Achmad Zaenuri
Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleMelayani dan Melindungi Pemudik Agar Semua Tiba dengan Selamat
Next articlePerempuan Harus Aktif Mewujudkan Pemahaman Kesetaraan Gender di Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here