Pemerintah Harus Bantu UMKM Berinovasi

La Nyalla Mahmud Mattaliti
La Nyalla Mahmud Mattaliti

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menilai pengembangan UMKM belum berjalan maksimal. Menurutnya, pemerintah harus membantu UMKM dengan menumbuhkan inovasi. 

Menurut LaNyalla, koperasi pun punya peran yang tidak kalah penting untuk membantu UMKM. 

“Pemanfaatan koperasi untuk mengembangkan UMKM belum maksimal dilakukan. Hal ini perlu didorong oleh pemerintah agar pertumbuhan usaha mikro diimbangi dengan pertumbuhan koperasi,” tuturnya, Minggu (9/1/2021).

Satu hal yang paling disorot oleh LaNyalla adalah masalah pembiayaan. Menurutnya, kelemahan yang paling menonjol pada pengembangan UMKM adalah minimnya pembiayaan.

“Minimnya pembiayaan UMKM sangat berdampak pada kurang optimalnya pengembangan usaha. Sehingga konsentrasi pelaku UMKM mencari kemudahan pendanaan untuk mempertahankan eksistensi usaha,” katanya. 

Senator asal Jawa Timur ini menambahkan, pengembangan inovasi produk dapat dilakukan dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia. Dan tersebut harus didukung dengan pembiayaan. 

“Permasalahan ini perlu direspons dengan langkah-langkah yang konkret. Agar pelaku

usaha UMKM berkonsentrasi pada inovasi produk yang berbasis pada sumber-sumber yang tersedia. Sehingga, UMKM mengangkat sumber daya alam yang ada dan menjadi khas produk daerah,” jelasnya.

LaNyalla juga meminta pemerintah lebih gencar melakukan terobosan-terobosan.

“Karena, pelaku UMKM harus didukung untuk terus bergerak, berinovasi agar meningkatkan daya saing. Apalagi di tengah membanjirnya produk yang sama di pasaran,” katanya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPD Kecewa Mahalnya Biaya Karantina Jamaah Umrah
Next articleRehab Pakai Dana Desa, Kolam Renang Sumber Rengget Belum Berfungsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here