Omicron Terdeteksi di Jatim, LaNyalla Minta Pemprov dan Masyarakat Waspada

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti,
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti,

Surabaya, PONTAS.ID – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Pemerintah Provinsi dan pemerintah kota/kabupaten di Jatim segera melakukan langkah lanjutan dengan terdeteksi masuknya varian B 1.1.529 Omicron ke wilayah Kota Surabaya.

“Masuknya Omicron di Jatim ini perlu menjadi perhatian serius. Segera lakukan langkah supaya potensi penyebaran varian ini bisa dicegah sehingga tidak membuat lonjakan kasus Covid-19 lagi,” kata LaNyalla, Senin (3/1/2022).

Menurut LaNyalla, ketika varian Omicron memiliki daya tular lebih cepat dan tidak ada langkah antisipasi lebih awal maka akan berisiko terjadi penularan yang lebih luas.

“Makanya selain karantina bagi warga yang terdeteksi, segera lakukan lanjutan blocking maupun tracing dengan swab massal bagi masyarakat sekitar maupun yang sempat berhubungan fisik dengan warga yang terdeteksi,” jelasnya.

Ditambahkannya, sosialisasi secara masif tentang pentingnya protokol kesehatan tidak boleh terlupakan. Tentu saja sambil melihat pergerakan Covid di daerah masing-masing.

Diketahui kasus varian Omicron di Surabaya terdeteksi pasca penderita berlibur dan reuni keluarga di Bali. Hingga Minggu (2/1/2022), ada dua orang yang terdeteksi, namun kondisinya OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Untuk masyarakat yang kemarin liburan ke Bali, saya anjurkan mengantisipasi potensi

tertular Omicron dengan melakukan tes PCR dan isolasi mandiri. Kemudian tetap tenang dan

tidak perlu panik,” paparnya.

Selanjutnya, Senator asal Jawa Timur itu juga berharap masyarakat secara aktif  mengakses perkembangan informasi terkait varian Omicron. Jika terdapat gejala yang mirip dapat segera mencari pengobatan agar tidak berpotensi menularkan kepada

orang lain.

“Apalagi ada beberapa ahli yang menyebut bahwa ada penurunan efektivitas Vaksin Covid-19 dalam

melawan virus Omicron,” ucap dia.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleSambut 2022, Ini Pesan Syarief Hasan
Next articleDPD: Transformasi Ekonomi Pasca Infrastruktur Jokowi Sangat Brilian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here