Legislator PKS Apresiasi UMKM Kembali Bangkit

Anis Byarwati Hadiri Bazzar UMKM di Lubang Buaya
Anis Byarwati Hadiri Bazzar UMKM di Lubang Buaya

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota DPR RI Fraksi PKS dari Daerah Pemilihan Jakarta Timur, Anis Byarwati menghadiri undangan dan memberikan sambutan pada Bazzar Komunitas UMKM Lubang Buaya. Acara ini berlangsung di Pelataran Teater Imax Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah.

Dalam kesempatan ini, Anis yang merupakan Pembina Dewan UMKM Nasional, mengungkapkan bahwa kerjasama banyak pihak untuk meningkatkan produktifitas UMKM perlu terus dilakukan.

“Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kerjasama yang baik untuk meningkatkan daya tarik bagi pengunjung TMII dengan adanya Bazzar. Semoga acara ini menjadi stimulus bagi UMKM untuk dapat tumbuh dan bangkit kembali,” ungkapnya dalam siaran pers, Senin (27/12/2021).

Bazzar UMKM yang rencananya digelar selama sepuluh hari ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan taraf pendapatan para pelaku UMKM, karena hal tersebut juga akan membantu peningkatan perekonomian negara.

“Struktur perekonomian negara kita 99,9% ditopang oleh UMKM dan menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 96,92% tenaga kerja diserap berasal dari UMKM. Oleh karena itu kontribusi UMKM terhadap pendapatan negara sangat besar. Jadi apabila UMKM kita dapat tumbuh, tangguh, dan mampu berdaya saing, maka struktur ekonomi Indonesia akan semakin terbantu dan maju,” kata Anis.

Selain itu, Anis mendorong agar UMKM bisa naik kelas. Diantaranya melakukan penyesuaian dengan kemajuan teknologi digital. “Pada tahun 2021 ini, ada 64,2 juta pelaku UMKM dan hanya 19 persen yang sudah onboarding di ekosistem digital atau sekitar 12 juta UMKM. UMKM Lubang Buaya perlu meningkatkan kualitas dan produktivitasnya dengan masuk kedalam pemasaran online,” paparnya.

Menutup kunjungannya, legislator PKS ini berkeliling melihat bazar UMKM dan mengapresiasi kerjasama seluruh pihak sehingga acara Bazzar UMKM ini dapat terselenggara. Anis juga menyapa dan berdialog dengan peserta Bazzar UMKM yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Komunitas UMKM Lubang Buaya, Eko Wahyu Samodra, Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana, Pembina UMKM Lubang Buaya, Mas’ud Thayib, Camat Cipayung, Panangaran Ritonga, serta sekitar 50 pelaku UMKM peserta bazzar.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPD Apresiasi Gagasan RUU Perubahan Iklim Menjadi Rekomendasi Muktamar Ke-34 NU
Next articleTerus Tingkatkan Optimisme untuk Bangkit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here