Tingkatkan Mutu dan Kualitas, DKPP Pasuruan Cek Sampel Pakan Ternak secara Rutin

Pasuruan, PONTAS.ID – DinasKetahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pasuruan terus meningkatkan mutu dan menjaga ketersediaan hijauan pakan ternak. Peningkatan ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan rutin pemeriksaan mutu pakan ternak dan pengambilan sampel pakan berupa konsentrat dan pakan hijauan.

“Kegiatan ini berada dilakukan di gudang pakan ternak di Kecamatan Tutur, Pabrik pakan ternak. Dalam kegiatan pelayanan pemeriksaan dan pengambilan sampel pakan ternak ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein, kadar abu, kadar air, kadar asam amino dan kadar serat kasar pada pakan,” kata Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita Rahayu saat dikonfirmasi PONTAS.id, Rabu (8/12/2021).

Adapun target dari kegiatan ini adalah pengambilan sampel pakan dari seluruh wilayah kecamatan Kabupaten Pasuruan. Diharapkan hasil yang didapat bisa sesuai dengan kebutuhan hidup ternak dan bisa meningkatkan Berat Badan, produksi dan produktivitas per individu ternak.

“Saya berharap pada ketersediaan pakan ternak di wilayah Tutur dengan ketersediaan pakan di daerah yang ad libitum maka proses pengembangan populasi ternak akan ikut terdorong. Masyarakat peternak juga akan terbantu dengan hasil dari kegiatan ini,” jelas Lukita.

Lukita mengimbau para peternak bisa menganalist pakan apa yang sesuai dengan ternaknya. “Ke depannya diharapkan kegiatan ini yang menjadi rutinitas dinas terkait serta dapat meningkatkan nilai jual pakan dengan memotivasi kelompok peternak untuk memeriksa sampel pakan olahan yang ada di kelompoknya serta berinisiatif untuk lebih memahami dan meningkatkan pengetahuan dalam hal pengolahan pakan tambahan,” ujarnya.

Tujuannya, lanjut Lukita, agar mendapatkan pakan ternak yang bermutu baik, berkualitas, aman serta layak dan bermanfaat bagi hewan dan ternak. “Serta bermanfaat bagi kualitas hidup ternak,” tandasnya.

Penulis: Abdullah
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleSah! Kejuaraan Bola Voli Pasir Tingkat Provinsi Digelar di Sergai
Next articleMPR Minta Pemerintah Adil, Hadirkan Kebijakan Menyangkut Masalah Keagamaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here