Bedah Rumah, Pemkot Jakbar Gandeng Tim Berfaedah

Jakarta, PONTAS.ID- Pemerintah Kota Adminitrasi Jakarta Barat berkolaborasi bersama TIM berfaedah mengadakan Program Jumat berfaedah untuk Bedah Rumah warga di jalan Alas Tua, Kampung Gaga, RT. 03/04 Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengunjungi rumah warga yang akan dibedah, untuk melihat langsung kondisi rumah dan bertemu dengan warga penghuninya, bersama tim Jumat Berfaedah. Jumat, (3/12/2021).

“Rumah ini akan segera dibedah, karna selama ini mereka tidak bisa memperbaiki tempat tinggal karena kondisi ekonomi, jadi selama pengerjaan bedah rumah, penghuninya akan dicarikan tempat tinggal. sementara, kami kolaborasi dengan Baznas Jakbar dan DKI,” ucapnya.

Sementara itu, Yunah (54) Yusnia (52) dan Saroh (51), kakak beradik yang menempati rumah yang akan dibedah menyambut baik dan bersyukur tempat tinggalnya akan diperbaiki Pemkot Jakarta Barat.

Selama ini bangunan tempat tinggal tersebut disekat tiga bagian dengan nomor alamat 134, 135 dan 136 RT 03/04 Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

“Alhamdulillah, Kami bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Jakarta Barat, Baznas Bazis DKI, khususnya Bapak Wali Kota yang peduli memperbaiki rumah kami melalui program bedah rumah,” ujarnya.

Yani menambahkan, program Jumat Berfaedah rutin dilaksanakan tiap pekan. “Jadi, setiap Jumat kita akan turun ke lapangan dengan program yang namanya Jumat Berfaedah. Tujuannya, kita ingin memastikan situasi warga di lapangan, baik huniannya layak atau tidak maupun lainnya. Seperti yang kita temukan, hunian ini tidak ada toilet, dapurnya jadi satu, sehingga sirkulasi udara dan lantainya juga kurang bagus,” tutupnya.

Pada kesempatan itu secara simbolis Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko juga menyerahkan bantuan bedah rumah dan uang kepada masing masing KK untuk keperluan mengontrak.

Sekadar informasi, rumah warga yang akan dibedah berjarak hanya beberapa meter dari tempat tinggalnya Walikota Jakarta Barat, tepatnya di belakang rumah. Bangunan rumah tersebut sejenis kontrakan dan dihuni tiga kepala keluarga (KK), masing masing KK sekitar lima jiwa. Total luas bangunan sekitar 60 meter persegi.

Untuk diketahui, Program bedah rumah ini, Kata Yani, sebenarnya satu kelurahan ada dua rumah yang akan dibedah, tapi Khusus untuk program Jumat Berfaedah ini dilaksanakan sebulan dua kali. Jadi, kalau yang program bedah rumah yang rutin itu satu kelurahan dua rumah, 56 kelurahan x 2 totalnya 112 rumah. Plus Jumat Berfaedah sebulan dua kali, jadinya 24. Jadi, total keseluruhan 136 rumah yang akan kita bedah dalam setahun.

Turut serta mendampingi, Asekbang Imron Sjahrin, Aspem Yunus Burhan, Adkesra Amien Haji, Ketua TP PKK Jakbar Lilia Sentosa Yani, para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), jajaran Baznas dan Bazis Jakbar, aparat wilayah setempat, RT-RW dan unsur lainnya.

Penulis : Deddy Muttaqin
Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleKebut Herd Immunity, Nasdem Silaturahmi ke Kapolres Sergai
Next articleMenkeu dan Pimpinan MPR Sepakat Bertemu Guna Tingkatkan Sinergisitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here