Peparnas XVI Papua, Wapres: Panggung Kesetaraan!

Jayapura, PONTAS.ID – Wakil Presiden RI, Makruf Amin secara resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua, di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (5/11/2021). Peparnas ini hanya berselang tiga pekan setelah penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Dengan Bismillahirrahmanirrahim, semoga Tuhan memberkati, secara resmi Pekan paralimpik nasional XVI di Papua saya nyatakan dibuka,” kata Wapres yang disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube Peparnas XVI Papua 2021.

Wapres mengatakan, para atlet Peparnas XVI Papua merupakan inspirasi bangsa dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara saat membuka ajang olahraga untuk para atlet disabilitas tersebut.

“Saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah, tularkan jiwa yang tak pernah takut gagal, sukses menanti kalian semua,” kata Wapres.

Wapres menegaskan, Peparnas merupakan ajang yang sangat istimewa, ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang.

Menurut Wapres, Peparnas juga bukan sekedar kompetisi olahraga, tapi lebih dari itu, merupakan ajang pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan.

“Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan sehati mencapai tujuan ciptakan prestasi,” ujar Wapres.

Dukungan Luar Biasa
Sebelumnya, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengapresiasi Pemerintah atas dukungan terhadap atlet disabilitas dan Peparnas XVI Papua.

“Dengan dukungan pemerintah sekarang ini sangat luar biasa, kita bisa lihat semua pak menteri ada disamping saya, datang di tempat ini (venue) mengoreksi dan lain-lain. Karena itu kita yakin pasti bisa berhasil di Peparnas nanti,” kata Senny Marbun dalam keterangan resminya, sore tadi.

Menurut Senny Marbun, dukungan pemerintah ini dibuktikan dengan adanya pembangunan venue-venue Peparnas XVI ini bahkan berstandar seperti pada Paralimpiade Tokyo 2021 lalu.

Di samping itu, kata dia, Presiden Jokowi dan Menpora Amali benar-benar menyetarakan atlet yang normal dan atlet disabilitas.

“Ini luar biasa kesetaraan. Kita sama-sama tahu kemarin Pak Jokowi, Presiden yang kita cintai ini memberikan bonus yang atlet disabilitas sama dengan yang non difabel. itu luar biasa. Baru di era ini ada pak Menpora seperti ini, ada Presiden seperti itu,” katanya menambahkan.

Sebagai informasi, Peparnas XVI Papua 2021 digelar mulai 2-15 November berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Terdapat 12 cabang olahraga yang dipertandingkan serta sekitar 1.985 atlet dari 33 provinsi seluruh Indonesia akan bertanding untuk bersaing meraih prestasi.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articlePelurusan Sejarah Bagian dari Penghargaan Kita terhadap Perjuangan para Pahlawan
Next articleTerbakar, Satu Rumah Warga Desa Sumbarang Rata dengan Tanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here