Penataan Pedagang di Sergai, Bupati Minta Satpol PP Tegas, Tapi…

Sergai, PONTAS.ID- Dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) khususnya menata para pedagang, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diminta untuk mengutamakan cara yang santun dan negosiasi.

Ini yang dikatakan Bupati Sergai, Darma Wijaya saat memberikan apresiasi kepada petugas Satpol PP yang terluka ketika menata pedagang pekan Lelo Firdaus beberapa waktu yang lalu,dikantor Satpol PP, Jalan Negara Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Senin (25/10/2021))

hal itu, disampaikan oleh Kadis Kominfo Sergai, Akmal melalui perpesanan whatsApp yang diterima PONTAS.id, Selasa (26/10/2021)

Bupati Darma Wijaya juga memuji kinerja petugas Satpol PP dalam menegakkan Perda, dan menata para pedagang khususnya di pekan Lelo Firdaus.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kalian semua atas kinerja yang sudah kalian berikan. Saya harap itu dipertahankan dan ditingkatkan. Khusus untuk penanganan pedagang, saya minta diutamakan cara negosiasi, himbauan dan sosialisasi,” ungkap Bupati.

Namun, jika cara negosiasi dan himbauan sudah dilakukan dan tidak juga digubris pedagang, Darma Wijaya mengaku tak segan mengambil langkah tegas.

“Kita upayakan terus jangan sampai ada gesekan dilapangan, negosisasi dan himbauan terus kita lakukan. Namun jika tidak juga digubris, saya dan Kasatpol PP akan mengambil langkah hukum,” tegasnya.

Mantan Wakil Bupati ini mengaku, bahwa pihaknya terus berupaya mewujudkan Sergai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera dan Religius. Salah satu caranya dengan menata wajah baru Kabupaten Serdang Bedagai sesuai dengan RTRW yang sudah disepakati serta memberikan layanan maksimal terkhusus kepada pedagang.

“Kita ingin pedagang itu berjualan ditempat yang memadai, yang bagus, yang fasilitasnya nyaman dan lengkap. Kita siapkan tempat di pasar Sei Rampah dengan fasilitas yang cukup memadai, disitu pedagang bisa berjualan dengan aman, pembeli juga nyaman. Jika sudah begitukan pedagang juga yang untung dan visi misi kami menjadi masyarakat Sejahterapun dapat terwujud,” jelasnya.

“Pemerintah tidak ingin masyarakatnya susah, kita ingin rakyat sejahtera. Khususnya pedagang, makanya saya himbau agar pedagang pekan lelo Firdaus pindahlah ditempat yang sudah disediakan,” tandasnya.

Seperti diberitakan, sejumlah petugas Satpol PP mengalami luka akibat meng Jempang salah satu mobil minibus milik pedagang,yang mau masuk keareal pasar Lelo Firdaus pada hari, Minggu (17/10/2021) yang lalu.

Petugas yang terluka antara lain, Jon Henri Saragih, Riki Pratama, Ibrahim, Arif Lubis, Dwika Rahmadani dan Herni Tindaon. Mereka mengalami terkilir baik dibagian tangan, kaki hingga pinggang akibat menahan mobil pedagang dihala man rumah milik warga dan bukan dilahan negara..

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleBedah Buku Arsul Sani “Relasi Islam dan Negara, Perjalanan Indonesia”
Next articleVaksinasi Warga Sergai Capai 44,2 Persen, Bupati: Harus Kembali Zona Hijau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here