Venue Dayung Terindah se Indonesia, Kenali Kehebatan Teluk Youtefa

Atlet dayung putri Papua Barat nomor slalom individu sedang berlatih di venue dayung Teluk Youtefa //Foto: PB PON

Jayapura, PONTAS.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau atlet dayung yang sedang bertanding pada PON Papua di venue dayung Teluk Youtefa. Venue dayung ini termasuk terbaik dan terindah di Indonesia.

“Kita lihat di sini ada di Teluk Youtefa dan bukit-bukit pegunungan Abepura dan ini akan menjadi tempat rekreasi bagi warga kota Jayapura. Venue ini juga akan digunakan untuk pertandingan dayung Internasional,” kata alumni SMA Gabungan Jayapura era 1970 an saat memberikan hadiah kepada para pemenang lomba dayung di venue Teluk Youtefa, Jumat (1/10/2021).

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) mengatakan di Indonesia ada dua venue dayung satu di Jakabaring dan dua di Teluk Youtefa. “Jakabaring embung buatan sedangkan di Teluk Youtefa alami dan terindah di Indonesia,”katanya.

Lokasi venue ini tak jauh dari Jembatan Youtefa yang membentang di atas Teluk Youtefa. “Venue dayung yang digunakan di Asian Games 2018 di Jakabaring dibangun dengan embung buatan. Tetapi, di Papua ini berada di teluk alami. Sehingga, venue ini bisa menjadi tempat rekreasi masyarakat Jayapura, termasuk untuk pertandingan skala internasional,” ujarnya.

Ketua PODSI juga menilai pada atlet PODSI yang bertanding di PON Papua bisa menjadi contoh dalam menjunjung tinggi solidaritas bangsa. Mengingat, sejumlah atlet berasal dari berbagai wilayah, seperti Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papuas dan Kalimantan.

Secara terpisah pelatih dayung PON Papua, Yoram Monim mengatakan venue dayung ini bisa juga membangkitkan pedayung-pedayung muda di Teluk Youtefa. “Dulu para senior dari Teluk Youtefa seperti kaka Hamadi dan juga dari Kampung Nafri pernah menjadi pedayung andalan Papua,” katanya.

Dia menambahkan tak mau memuji venue dayung ini tetapi teman teman pedayung dari Sulawesi Tenggara sangat senang dengan venue dayung di Teluk Youtefa. “Mereka (pedayung Sulteng) mengusulkan agar pertandingan dayung Asia maupun Sea Games sebaiknya di venue Teluk Youtefa,” katanya. Demikian dilaporkan PB PON.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleBupati Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Nias Barat
Next articleLahirkan SDM Profesional , STIT-NU Oku Timur Gelar MPI dan PGMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here