Bantu Pulihkan UMKM, RSI Bagikan Ratusan Bibit Ikan Nila

Sergai, PONTAS.ID- Untuk membantu pengembangan ekonomi masyarakat  terdampak Covid-19, khususnya dalam budi daya ikan, Regal Springs Indonesia (RSI) memberikan bantuan 350.000 bibit ikan Nila (Tilapia) kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah) di Serdang Bedagai (Sergai). Karena kabupaten Sergai  berdekatan  dengan wilayah operasional Regal Springs Indonesia (PT Aquafarm Nusantara).
Bantuan ini menunjukkan sinergitas antara RSI dengan stakeholder terkait, diantaranya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, DPRD Sergai, Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai, dan UMKM/kelompok tani budi daya ikan nila.
Sekaligus merealisasikan program Keberlanjutan “Kami Peduli – Water Access” untuk mendukung perekonomian, meningkatkan ekosistem sungai dan ketahanan pangan Kabupaten Sergai di masa pandemi. Demikian disampaikan oleh Fitri Anggraini selaku Commucation Manager RSI, kepada media ini melalui whatsApp, Kamis (30/9/2021).
Dalam penyerahan bantuan bibit ikan Nila tersebut, lanjut Fitri bahwa Bupati Sergai Darma Wijaya menyatakan, kalau
penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk kehadiran kolaborasi pemerintahan, dan tentunya untuk terus mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat.
Hal senada juga disampaikan oleh
David Tampubolon selaku Head of Corporate Affairs RSI, bahwa bantuan ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk ikut berperan membantu ekonomi lokal.
“Program ini adalah salah satu langkah kami untuk dapat bermanfaat secara sosial dan ekonomi, terhadap masyarakat yang terdampak pandemi,” kata Tampubolon.
Selain itu, Dian Octavia dalam kapasitasnya selaku Senior Manager Corporate & Community Affairs RSI juga menambahkan, bantuan bibit ikan nila ini disalurkan dalam beberapa tahap kepada Kelompok Budidaya Perikanan dan UMKM.
Penyaluran bibit ikan nila yang sudah terlaksana pada 9 September 2021 di Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, dan Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai.
“Pada pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut turut didampingi oleh Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua DPRD Sergai M. Riski Ramadhan Hasibuan, Kapolres Sergai AKBP Robinson Simatupang,
Kadis Kelautan dan Perikanan (Kanla),Sri Wahyuni Pancasilawati, Ketua Dewan UMKM Sergai, Budi Sumalim,” jelas Dian.
Bantuan ikan nila tersebut diserahkan kepada para pelaku UMKM budi daya ikan di Kolam Dewan UMKM Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Bamban, Sergai, Sumatera Utara pada 22 September 2021.
“Seluruh penerima manfaat dari program KAMI PEDULI – Water Access ini, adalah petani  tambak – 17 Kelompok Budi daya Perikanan (Pokdakan) dan 1 UMKM (40 kelompok) di sekitar wilayah operasional Regal Springs Indonesia yang tersebar di beberapa kecamatan.
“Kami berharap melalui rangkaian
pemberian bantuan bibit ini para petani tambak dapat dan meningkatkan panen,
sehingga usaha mereka tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi ini” kata Dian.
Kadis Kanla Sergai, Sri Wahyuni dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati, Ketua DPRD, Kapolres Sergai, Ketua UMKM, Pokdakan, Pemerintahan Desa dan semua pihak bersama Regal Springs Indonesia, yang telah mendukung program ini untuk meningkatkan sektor perikanan dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sergai.
Penulis: Andy Ebiet
Editor: Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleRespon SE Sekda, Pemkot Jakarta Utara Mulai Persiapan Pemilihan LMK
Next articleTarget Kemiskinan Nihil 2024, MPR: Awas Terjebak Delusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here