Pakar HTN Ingatkan Jokowi soal Calon Anggota BPK Bermasalah

Mardani Ali Sera bersama Nono Sampono dan Margarito Kamis dalam diskusi Dialog Kenegaraan

Jakarta, PONTAS.ID – Komisi XI DPR Menggelar fit and proper test Calon Anggota BPK ditengah sorotan tajam publik karena dua dari 16 calon anggota BPK tidak memenuhin syarat formil. Terlebih, DPR sudah meminta Fatwa dari MA dan MA menjawab harus mengikuti ketentuan dalam pasal 13 huruf J UU Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK.

Namun setelah menerima fatwa DPR tetap melanjutkan dua calon bermasalah ke tahap fir and proper test

Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengingatkan Presiden Jokowi bakal menerima bola panas dari DPR terkait Pemilihan calon anggota BPK.

“Istana (Presiden) harus sigap menanggapi bola panas dari DPR, pelanggaran syarat formil di DPR akan dilimpahkan ke Presiden,” kata Margarito di Jakarta, Rabu (8/9).

Menurut dia, Presiden Jokowi akan membuat Keppres pengangkatan Anggota BPK terpilih. Seluruh kesalahan di hulu dalam proses pemilihan akan ditanggung oleh Presiden di hilir.

“Presiden yang akan menjadi objek gugatan di PTUN,” tegas Margarito. Margarito mengatakan DPR RI sebelumnya sudah meminta Fatwa dari MA dan MA menjawab harus mengikuti ketentuan dalam Pasal 13 huruf J UU Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK RI.

Namun, setelah menerima fatwa, DPR tetap melanjutkan dua calon bermasalah ke tahap fit and proper test. Menurut Margarito, presiden harus dijaga dari proses politik yang tidak benar di lembaga politik.

residen, kata dia, jangan menjadi muara masalah yang harus mencuci piring dari buruknya etika penyelenggara negara dalam melaksanakan UU.

“Presiden tidak boleh salah. Untuk itu, meja kerja presiden harus bersih dari proses administrasi yang salah,” kata Margarito.

Komisi XI DPR menggelar fit and priper test terhadap 2 calon anggota BPK bermasalah, di tengah derasnya protes dari publik.

Komisi XI DPR akan melakukan pemilihan pada hari Kamis (9/9/2021) besok. Setelah itu, DPR RI akan melakukan mengesahkan pada Paripurna dan menyerahkan hasilnya kepada Presiden untuk mendapatkan Keppres.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

 

Previous articleMPR Minta Semua Pihak Waspadai Covid-19 Varian Mu
Next articleSoal Kebakaran Lapas di Tangerang, Ini Kata Anis Matta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here