Dukung Pengembangan UMKM, MPR: Dukung Produk dalam Negeri

Syarief Hasan
Syarief Hasan

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mendukung langkah dari Pemerintah yang bekerjasama dengan Shopee Indonesia untuk membuat gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Pasalnya, UMKM membutuhkan dukungan dari Pemerintah untuk melakukan produksi dan memasarkan produk-produk dalam negeri.

Syarief Hasan menilai, langkah Pemerintah bersama Shopee Indonesia patut didukung sebagai bentuk perhatian terhadap produk dalam negeri.

“Saya atas nama Pimpinan MPR RI dan Partai Demokrat mengapresiasi langkah Pemerintah bersama manajemen Shopee Indonesia yang telah memberikan ruang seluas-luasnya kepada UMKM dalam memasarkan produk-produknya, tanpa khawatir dengan produk-produk luar negeri,” ungkap Syarief Hasan, Sabtu (28/8/2021).

Syarief Hasan juga menyebut, berbagai produk impor telah mengambil pangsa pasar dari produk lokal.

“Beberapa waktu terakhir, serbuan barang-barang asing kian marak di beberapa marketplace yang ada di Indonesia. Akibat serbuan tersebut, produk lokal tergeser dan bahkan berpotensi mati sehingga dibutuhkan langkah nyata untuk mendukung produk-produk dalam negeri,” ujarnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga mendorong Pemerintah untuk semakin memperbanyak kerja sama dengan market place yang beroperasi di Indonesia.

“Ada banyak market place yang beroperasi di Indonesia dan dapat diajak kerja sama. Ada Tokopedia, Bukalapak, Shopee Indonesia, Lazada Indonesia, dan market place lainnya yang bisa membantu pemasaran produk dalam negeri,” katanya.

Syarief Hasan juga terus mendorong Pemerintah untuk mendukung UMKM-UMKM dalam menciptakan barang dan jasa berkualitas.

“Pemerintah harus terus mempertemukan UMKM dengan BUMN dan Perusahaan Swasta lainnya yang dapat membantu permodalan, produksi, hingga pemasaran produk UMKM, serta mendukung UMKM naik kelas,” terang Syarief Hasan.

Syarief Hasan menyebut, produk-produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik sehingga masyarakat perlu didorong membeli produk lokal.

“Kita memiliki produk-produk lokal yang berkualitas, mulai dari kerajinan tangan, kuliner khas yang telah mendunia, hingga produk-produk lokal yang telah mendunia dan membanggakan Indonesia,” tegasnya.

Politisi Senior Partai Demokrat ini juga berharap agar Pemerintah memberikan perhatian terhadap proses digitalisasi UMKM.

“Selama ini, UMKM hanya mengambil 10% ceruk pasar digital yang dikuasai oleh produk-produk asing. Pemerintah harus fokus dalam pengembangan digitalisasi UMKM sehingga UMKM dapat naik kelas sehingga semangat Bangga Buatan Indonesia dapat benar-benar terealisasi,” harapnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePemerintah Perlu Pertimbangkan Pemberian Tunjangan Kinerja PNS untuk Golongan Rendah
Next articlePandemi Berlanjut, Pasar Desa di Karangrejo Tak Berpenghuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here