Mengagumkan! 98 PPSU Pondok Bambu Siap jadi Tenaga Pemulasaraan

Jakarta, PONTAS.ID – Sebanyak 98 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pondok Bambu siap jadi tenaga pemulasaraan jenazah terpapar Covid-19. Kesiapan ini terlihat setelah 98 personel PPSU itu mengikut pelatihan pemulasaraan jenazah di Aula Kantor Kelurahan Pondok, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Pelatihan bagi petugas PPSU ini dilakukan guna mempercepat proses pemulasaraan jenazah Covid-19. Kita harus saling membantu mengatasi pandemi. Untuk itu, kita harus menolong warga yang tengah kesulitan,” jelas Lurah Pondok Bambu, Angga Sastra Amidjaya, di lokasi pelatihan, Jumat (23/7/2021).

Dijelaskan Angga, bahwa pihaknya juga akan lakukan penjadwalan bagi petugas piket PPSU dengan kesiapsiagaan jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

“Kita lakukan penjadwalan jadi jika terjadi adanya korban, petugas PPSU siap untuk diterjunkan, semoga ini dapat bermanfaat besar bagi kebutuhan dalam mengurangi beban bagi masyarakat,” paparnya.

Tak hentinya juga, Ia menegaskan kolaborasi Satgas Covid-19 di seluruh wilayahnya, agar dapat memberikan respon terhadap perkembangan di lapangan.

“Dengan adanya PPKM Darurat, Satgas Covid-19 wajib menangani warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mulai dari data hingga percepatan penanganan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini bekerjasama dengan petugas Puskesmas  Kecamatan Duren Sawit, dan proses pelatihan mengedepankan protokol kesehatan.

Pelatihan dimulai dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas PPSU, penyucian jenazah pasien Covid-19 yang dapat dilakukan dengan metode kering atau tayamum, pengkafanan hingga salat jenazah yang baik dan benar.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Ahmad Rahmansyah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here