HNW Bagikan Bantuan Bagi Penyintas Covid yang Isoman

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid membagikan paket bantuan isolasi mandiri beserta tabung oksigen kepada ratusan warga Jakarta yang terpapar covid-19.

Hidayat Nur Wahid memahami bahwa kapasitas pelayanan kesehatan saat ini makin terbatas mengingat lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Sehingga, sebagian besar warga yang terpapar covid-19 harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Hidayat berharap paket bantuan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan sanitasi warga yang menjalani isolasi mandiri agar bisa kembali sehat dan beraktivitas seperti sedia kala.

“Banyak warga kesulitan isolasi mandiri karena terbatasnya sumber daya, padahal RS juga sudah tidak bisa menampung. Untuk itu saya berupaya membantu dengan mendistribusikan paket isoman agar warga bisa menjalani penyembuhan dengan maksimal sekalipun di rumah masing-masing,” kata Hidayat pasca menyerahkan simbolis bantuan kepada warga Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (27/6/2021).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS,  ini menjelaskan, penambahan kasus Covid-19 di Indonesia pada Sabtu (26/6/2021) kembali memecahkan rekor mencapai 21.095 orang.

Dari jumlah tersebut, 9.271 di antaranya terdapat di Jakarta. Sementara itu tingkat keterisian tempat tidur atau BOR di Jakarta hingga 23 Juni 2021 telah mencapai 83%.

Hal ini menyebabkan semakin banyak warga Jakarta terpapar covid-19 hingga gejala sedang yang harus menjalani perawatan di rumah dan isolasi mandiri.

Berdasarkan panduan isolasi mandiri yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, warga positif Covid-19 yang menjalani isoman harus menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih. Konsumsi makanan bergizi, sering mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga kebersihan rumah dengan cairan desinfektan.

Pria akrab disapa HNW ini juga berpesan kepada warga untuk ikut vaksinasi, mentaati arahan pemer dokter agar bisa kembali sembuh, sehat dan selamat dari korona.

Mempraktekkan 5M Prokes terkait covid-19, juga dengan praktekkan M yang sangat penting bagi Umat beragama. Yaitu Memperbanyak doa, munajat, dan baca alQuran. Agar nanti juga sehat dan selamat lahir dan batin.

Karena itu, HNW berinisiatif memberikan bantuan paket kepada warga terdampak covid-19 yang berisi sembako, vitamin, masker, sabun tangan  dan sabun cuci piring, handsanitizer, tisu, hingga tabung oksigen untuk warga isoman yang mengalami penurunan saturasi oksigen.

Bantuan paket isoman untuk ratusan warga tersebut disalurkan melalui struktur PKS di empat kecamatan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Yakni DPC PKS Kebayoran Lama, DPC PKS Mampang Prapatan, DPC PKS Tanah Abang, dan DPC PKS Johar Baru.

“Kami menyediakan ambulan khusus warga terpapar Covid-19. Ada 2 ambulan yang selalu bergerak selama 24 jam di Jakarta Selatan dan  Pusat, membantu warga yang membutuhkan akses cepat ke Rumah Sakit. Semoga upaya ini menjadi pelayanan masyarakat, berkontribusi membantu warga penyintas Covid-19, menginspirasi pihak lain untuk bergotongroyong membantu warga korban covid-19, dan meringankan beban  Pemerintah mengatasi masalah covid-19 serta menurunkan tingkat paparan Covid-19 di Jakarta dan di Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articlePB KODRAT Targetkan Masuk Cabang Pertandingan Sea Games XXXII di Kamboja
Next articleBamsoet Apresiasi Kemampuan Satgultor TNI Atasi Terorisme di Kompleks Parlemen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here