Perkuat Ilmu Kepemimpinan, Bupati Sergai Ikuti Pembekalan dari Kemendagri

Sergai, PONTAS.ID – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya, mengikuti Pembekalan Kepemimpinan yang di gelar oleh Kemendagri secara saring di ruang kerja Bupati Sergai, Kompleks Kantor Bupati, Seirampah, Senin (07/06/2021).

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Sergai, Akmal kepada media melalui whatsApp, sore harinya.

Menurut Akmal, dalam pembekalan tersebut Bupati Darma Wijaya mengatakan, kegiatan pembekalan dipandu langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah kabupaten/kota hasil Pilkada serentak tahun 2020

“Semua berjumlah 270 pasangan dan tentu saja memiliki karakteristik kepemimpinan yang berbeda, berdasarkan ragam berbagai macam latar pendidikan, usia, pengalaman politik dan keahlian,” ungkapnya

Sementara itu, Bupati juga menyebut, kegiatan ini dilaksanakan dalam dua fase yaitu secara virtual selama lima hari mulai tanggal 7 sampai 11 Juni, dan fase tatap muka dilaksanakan selama tiga hari, 29 Juni sampai 1 Juli nanti. Selama pelatihan dilakukan penyusunan rencana aksi, di mana penyusunannya di bawah bimbingan coaching yang ditunjuk panitia pelatihan.

“Kegiatan ini dibagi ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama yang hari ini saya ikuti, diperuntukkan bagi kepala daerah yang berstatus petahanan, mengingat di periode sebelumnya saya menjabat sebagai Wakil Bupati. Lalu nanti pada gelombang kedua untuk kepala daerah yang baru menjalankan periode pertamanya,” kata Darma Wijaya.

Dalam kegiatan ini, lanjut bupati, Mendagri menyampaikan pentingnya pengetahuan dan penguasaan kemampuan seorang kepala daerah. “Pak Menteri tadi menyebut kegiatan pelatihan kepemimpinan pemerintahan daerah ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk introspeksi terhadap kepemimpinan selama ini,”

Selain itu Mendagri juga menekankan 5 prioritas pembangunan nasional tahun 2019-2024 yaitu pembangunan SDM, melanjutkan pembangunan infrastruktur, menyeder hanakan regulasi, reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi

“Seluruh prioritas tersebut selaras dengan visi Sergai yaitu Sergai Maju Terus: Mandiri, Sejahtera dan Religius” imbuhnya

Dalam arahannya Mendagri juga menekankan kepada Kepala Daerah terkait pentingnya belanja pemerintahan. Mendagri fokus kepada percepatan pemulihan ekonomi lewat belanja pemerintahan.

“Jika uang tidak beredar maka akan berpengaruh kepada perekonomian yang juga tidak berjalan. Belanja dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah namun tetap memprioritaskan belanja modal yang betul-betul untuk kegiatan masyarakat,” pungkasnya.

 

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here