Bamsoet Apresiasi Pemkab Purbalingga Raih WTP Lima Kali Berturut

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi capaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dibawah kepemimpinan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, yang kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Daerah (LKD) tahun 2020. Prestasi tersebut diraih untuk kelima kalinya berturut-turut sejak tahun 2016.

“Setelah menyelesaikan amanah memimpin Purbalingga pada periode 2016-2021, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi kini kembali diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk memimpin Purbalingga untuk periode 2021-2025 bersama Wakil Bupati dari Partai Golkar Sudono. Keduanya memiliki tugas berat, salah satunya menjaga agar laporan keuangan Pemkab Purbalingga kembali meraih predikat WTP di periode kepemimpinan mereka,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dalam melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga negara, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukannya secara obyektif. Predikat WTP menjadi salah satu unsur penting yang harus diraih oleh setiap pengelola keuangan negara, sehingga meminimalisir terjadinya korupsi terhadap uang rakyat.

“Dengan predikat WTP, menunjukan bahwa BPK tidak menemukan persoalan, baik kesalahan administrasi maupun penyimpangan merugikan, yang dilakukan Pemkab Purbalingga dalam pengelolaan uang rakyat,” jelas Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menambahkan, predikat WTP untuk kelima kalinya menjadi bukti bahwa bahwa Pemkab Purbalingga mampu mencapai dan mempertahankan predikat terbaik dalam penyajian Laporan Keuangan. Sesuai standar akuntansi keuangan negara.

“Sekaligus menjadi bukti bahwa seluruh jajaran Pemkab Purbalingga mampu menjalankan tertib administrasi dan tertib anggaran dalam mengelola uang rakyat,” pungkas Bamsoet.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articleDorong Pemulihan Ekonomi, Kementan Jalankan 5 Program Prioritas
Next articleKisruh BAP Kasus Jual Beli Jabatan Walikota Tanjungbalai, Ini Kata KPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here