DPR: Kita Perlu Kebijakan dan Strategi Cetak Milenial Unggul

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota DPR Anis Byarwati memberikan ucapan selamat dan kepada para wisudawan dan wisudawati LBQ Al-Utsmani yang pada hari ini Sabtu, 1 Mei 2021/ 19 Ramadan 1442 H.

Acara wisuda  yang diselenggarakan oleh LBQ Al-Utsmani yang berlokasi di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur ini berlangsung secara virtual dan tetap berlangsung dengan khidmat.

Pada kesempatan istimewa  tersebut, legislator PKS (Partai Keadilan Sejahtera) menyatakan turut berbahagia atas kelulusan para wisudawan dan wisudawati LBQ Al- Utsmani dan juga didampingi orangtua dan kekuarga.

“Wisuda ini bukanlah akhir dari perjalanan memperjuangkan Al-Quran namun akan menjadi awal para wisudawan wisudawati ini untuk berkiprah sebagai generasi Al-Quran yang akan menjayakan bumi Indonesia,” kata Anis dalam siaran persnya.

Selanjutnya, Doktor Ekonomi Islam ini kemudian menyinggung tentang pentingnya kehadiran Generasi Al-Qur’an di Era Industri 4.0 sekarang.

Menurut Anis,  Indonesia akan mendapat anugerah bonus demografi selama rentang waktu 2020- 2035, yang akan mencapai puncaknya pada 2030. Bonus demografi ini bisa jadi akan menjadi berkah atau jadi musibah bila kita tidak memperiapkan generasi yang akan mengisi era tersebut.

Pada rentang waktu 2020 sampai 2035 dunia akan diwarnai oleh Generasi Y atau Angkatan digital yang terbentuk dari mereka yang lahir pada 1980 – 1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya. Secara umum generasi millenial memiliki karakter sangat akrab dengan media dan internet.

Berdasarkan Infografis Pusat data media Republika, menyebutkan ada sekitar 80 juta millennials lahir pada 1976-2001. Dimana para Millennials rata rata mengalihkan perhatiannya pada PC, smartphone, tablet, dan televisi  27 kali setiap jamnya, dibandingan dengan Generasi Baby Boomers kelahiran tahun 1960-1970- an yang hanya mengakses gadget 17 kali per jam. Generasi millennial ini terbuka terhadap ide dan gagasan orang lain.

Namun di sisi lain mereka rawan memiliki potensi karakter negative, seperti kurang peka terhadap lingkungan sosial, pola hidup bebas, cenderung bersikap individualistik, kurang realistis, dan kurang bijak dalam menggunakan media, selfish, yang lebih mementingkan gaya.

Bonus demografi ini akan menjadi musibah besar bagi bangsa Indonesia jika generasi yang nanti akan mengisi Indonesia adalah generasi yang tidak beradab, tidak mau bekerja keras atau juga generasi yang meniru-niru saja budaya orang.

Menurut Anis, generasi millennial yang berilmu, berkualitas, berkemajuan, dan memberi manfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, negara, dan agama sangat diharapkan dalam membangun bangsa dimasa yang akan datang.

“Di era disrupsi, kehadiran generasi millenial memiliki peluang untuk membuktikan kebenaran ajaran Islam yang universal.  Sebab perubahan bagi Islam adalah sebuah keniscayaan, dan daya kreativitas adalah cara untuk menyiasati, mengelola dan mengarahkan perubahan yang eksponensial ke arah yang lebih beradab, berbudaya, dan berkemajuan. Oleh karena itu diperlukan pendekatan khusus untuk mendidik pemuda era millenial,” terangnya.

Maka, menurut Anis untuk mencetak generasi milenial menjadi manusia-manusia unggul diperlukan kebijakan dan strategi yang betul-betul mampu membawa Indonesia mencapai masa kejayaan. Sebagaimana Rasululah saw mencetak pemuda-pemuda unggul di masanya  spt Ali bin abi Thalib Ra, Musab bin Umair, Saad bin Abi Waqash, Muadz bin Jabal.

Lanjut Anis, di era disrupsi, mereka yang unggul yang dapat menjadi pemenang. Jadi, kemampuan kita  mempersiapkan manusia-manusia unggul selama 15 tahun ke depan akan menentukan keberhasilan kita dalam memanfaatkan celah kesempatan (window of opportunity ) dari bonus demografi.

Terakhir, Anis  kemudian memberikan apresiasi kepada LBQ Al-Utsmani yang telah konsisten dan istiqomah terus mendidik generasi pelanjut estafet perjuangan bangsa. Anis juga menyampaikan harapannya agar santri-santri yang dididik di LBQ Al-Utsmani dapat menjadi generasi milenial yang Qurani yang dengan kemampuannya serta kompetensinya terjun ke masyarakat untuk membimbing masyarakat, menjadi generasi yang memahami Islam dan menjadikan Islam sebagai rahmatan lil alamin.

“Semoga amal ibadah kita semua di bulan Ramadan ini diberkahi oleh Allah dan wisuda dilaksanakan dengan lancar, insya Allah keberkahan akan menyertai kita semua,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articleSyarief Hasan bersama Anak Yatim Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa dan Negara
Next articleAkhirnya! Lurah Kebon Bawang Berhasil Sulap TPS jadi Taman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here