Tolak Perda Agama, PKS: PSI Tak Paham Pancasila dan UUD

Jakarta, PONTAS.ID – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak perda-perda agama.

Fraksi PKS DPR RI menilai bahwa bentuk penolakan itu sebagai bentuk ketidakpahaman terhadap falsafah dan dasar negara Pancasila dan konstitusi UUD 1945.

Untuk itu, Fraksi PKS menyarankan agar PSI memahami konstitusi dan Pancasila secara utuh.

“Sebagai sikap politik sah-sah saja, tapi sebagai sesama warga bangsa tentu kita perlu mengingatkan dan mengoreksi sikap tersebut. PSI tidak paham utuh Pancasila dan UUD 1945 yang menempatkan agama dalam posisi yang penting, yang menjiwai semangat kebangsaan, dan yang terpenting menjadi landasan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini di Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Menurut Jazuli. sikap politik PSI itu sebagai bentuk phobia agama yang bisa saja bertendensi memisahkan nilai-nilai agama dalam laku kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita perlu tanya dengan jelas kepada PSI apa yang mereka maksud dengan perda-perda agama yang mereka tolak. Umumnya perda-perda tersebut mengatur ketertiban hidup bermasyarakat, lebih dari itu bertujuan untuk menjaga moral dan akhlak masyarakat. Apa ini yang mereka tolak?,” tanya Jazuli heran.

“PSI harus membaca semangat Pancasila dan UUD 1945,” tambahnya.

Lebih jauh, Jazuli menyatakan, nilai-nilai agama menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bukan hanya secara implisit, tapi eksplisit dalam pembukaan UUD 1945, sila pertama Pancasila, Pasal 29 yang menyatakan negara berdasar atas Ketuhanan YME dan jaminan kebebasan beragama.

Bahkan, Pasal 28J berbunyi pelaksanaan hak asasi tidak boleh bertentangan dengan nilai agama, hingga Pasal 31 tentang visi pendidikan nasional untuk menghasilkan SDM yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.

“Oleh karena itu perda-perda bahkan undang-undang bukan saja menyerap nilai agama akan tetapi wajib mengambil nilai-nilai tersebut. Negara melalui perangkat aturannya wajib menjamin pelaksanaan nilai agama dilaksanakan secara konsekuen,” jelasnya.

Untuk itu, Jazuli yang juga Anggota Komisi I DPR RI ini berpesan agar PSI tidak mengambil posisi diametral atau bertentangan dengan semangat Pancasila dan UUD 1945.

Sebaliknya, ia mengajak PSI kokohkan semangat keberagamaan di republik ini agar Indonesia semakin diberkahi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

“Itulah mengapa lahir UU Peradilan Agama, UU Haji, UU Zakat, UU Perbankan Syariah, UU Jaminan Produk Halal dan kita terima melalui proses bernegara antara DPR dan Pemerintah. Apa ini ditolak juga oleh PSI?,” tegasnya.

Editor: Luki Herdian

Previous articleDitempat Usahanya Caleg Nasdem ini Kampayekan Jokowi-Maruf
Next articlePrabowo: Masalah Ekonomi Bangsa karena Tak Patuh UUD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here