Bangun Bandara, Menhub Minta Pemda Tak Andalkan ABPN

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (foto: Setkab)

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pelayanan penumpang dan fasilitas di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi yang menonjolkan konsep eco airport. Selain itu dia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang telah berpartisipasi membangun Bandara Blimbingsari dengan menggunakan dana dari APBD.

“Bandara yang cantik modern, eco-friendly dan ini menjadi contoh untuk kabupaten lain, membangun sendiri setelah itu kita joinkan dengan Angkasa Pura II dan sekarang dilanjutkan dengan baik. Ini sengaja saya sampaikan bahwa kemandirian atau partisipasi dari pemda itu sangat penting,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/4/2021).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini berharap kabupaten-kabupaten lain di Indonesia dapat mencontoh apa yang sudah diterapkan Pemkab Banyuwangi.

“Ini menjadi contoh bagi kabupaten yang lain bahwa tidak harus membangun memakai APBN ada APBD, Bayuwangi bisa dilakukan secara bertahap jadi satu apresiasi saya bagi Banyuwangi,” kata dia.

Selain itu pada kesempatan yang sama Menhub juga sempat meninjau uji coba penerapan alat pendeteksi Covid-19 GeNose di Bandara Blimbingsari.

“Saya apresiasi Angkasa Pura II yang sudah melakukan tes GeNose. Bandara Blimbingsari merupakan bandara ke 9 Angkasa Pura II dari total 21 bandara. Ini menunjukkan bahwa Angkasa Pura II serius memberikan dukungan bagi upaya pencegahan virus covid-19 karena virus ini sangat masif maka kita dari segala lini di daerah harus melakukan suatu proses testing dengan baik dan capable,” jelasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik

Previous articleSyarief Hasan Ajak Peduli Anak Yatim dan Fakir Miskin
Next articleProkes Wajib Diterapkan di Keseharian untuk Kendalikan Penyebaran Covid-19 Varian Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here