Gempa Malang Getarannya Sampai Sidoarjo

(Ilustrasi) Kerusakan tanah yang retak akibat gempa bumi.

Sidoarjo, PONTAS.ID – Meski tidak menimbulkan potensi tsunami, gempa bumi berkekuatan M 6,7 yang terjadi di Kabupaten Malang Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB tersebut guncangannya terasa di Sidoarjo, sehingga membuat banyak warga semburat keluar rumah.

Wahik (35) warga Wonokarang Balongbendo, Sidoarjo menceritakan bahwa, sehabis salat dzuhur ia beristirahat sambil rebahan di tempat tidur kamarnya. Selain merasakan getaran, bola lampu di kamarnya juga bergoyang.

“Iya, saya merasakan ada getaran. Tapi tidak seberapa. Dan pas melihat ke atas bola lampu kamar saya bergoyang-goyang,” katanya saat ditemui pontas.id Di Sidoarjo, Sabtu (10/4/2021).

Kejadian tersebut membuatnya kaget da berteriak sembari menyuruh anak istrinya keluar rumah. Menurutnya, guncangan gempa tersebut dirasakanya sekitar 4 kali. Namun ia tidak menyadarinya bahwa getaran itu akibat gempa di Malang.

“Ini gempa ayo keluar-keluar,” ujarnya sembari menceritakan saat menyuruh anak istrinya keluar rumah.

Ditempat yang berbeda juga dirasakan Yanti, warga Janti Kecamatan Tarik, ia mengaku bahwa, ada getaran saat memasak dan melihat kursi di dapur bergerak sendiri.

“Ya kaget, kok kursi dan meja gerak sendiri. Terus badan goyang-goyang, saya langsung lari keluar,” katanya.

Sekedar diketahui, Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menginformasikan gempa berkuatan M 6,7 SR terjadi pada 8.95 LS, 112.48 BT dengan kedalaman 25 Km.

Lokasi gempa berada 90 km barat daya Kabupaten Malang, 95 km tenggara Kabupaten Blitar, 100 km tenggara Kota Blitar, 190 km barat daya Surabaya dan 700 km tenggara. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

 

Penulis : Jumain Agus, S
Editor    : Fauzi/Agus DC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here