Pilkada Kalsel, MK Kabulkan Sebagian Gugatan Denny Indrayana

Banjarmasin, PONTAS.ID – Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (19/03/2021) mengabulkan sebagian gugatan paslon nomor urut Denny Indrayana dan Difri Derajat, terkait sengketa perselisihan hasil pemilihan Gubernur Kalsel tahun 2020.

Dalam amar putusan sidang yang digelar sejak pukul 17.00 WIB dan dibacakan langsung oleh ketua Majelis Hakim MK Anwar Usman, menginstruksikan KPU untuk membatalkan rekapitulasi hasil perhitungan suara yang dilakukan pada 18 desember 2020 lalu.

Selain itu, MK juga memerintahkan KPU melakukan Pemungutan Suara Ulang terhitung 60 hari sejak putusan dikeluarkan.

“Surat keputusan KPU tentang penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara Pilgub Kalsel tanggal 18 Desember 2020 Batal, dan mengabulkan sebagian permohonan,” kata Anwar.

Sementara itu, menanggapi hasil putusan sidang, sekertaris DPD Partai Gerindra Kalsel, Ilhamnor ST mengatakan mereka akan bersiap mengawal PSU yang akan dilakukan di beberapa titik wilayah rawan kecurangan tersebut.

“Kami pasti membentuk tim untuk mengawal, dan alhamdullilah dengan putusan PSU ini setidaknya membuktikan ada kejanggalan dalam pelaksanaan Pilgub di Kalsel,” katanya usai gelar nonton barang (Nobar) di kantor DPD Partai Gerindra Kalsel.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel, Hj Marliana yang merupakan petinggi partai Gerindra juga mengaku sangat lega dengan putusan majelis, “Kami akan bekerja keras kembali untuk mengawal agar Pemilihan berjalan dengan Jujur dan adil,” kata dia.

Dirinya meyakini peluang Paslon nomor dua untuk memenangkan Pilkada kalsel sangat besar melihat ada ratusan TPS dari 7 kecamatan yang nantinya akan diulang dengan penyelenggara pemilu yang baru.

“Denny berpeluang menang, kita akan kawal PSU ini,” pungkas Anna saat dihubungi PONTAS.id, melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Penulis: Elsa Pratiwi
Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here