Pemkab Malang Siap Fasilitasi Temuan Varian Pisang Baru, Pisang Mulia.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat meninjau kebun pisang varian baru, Rabu (16/03/2021)

Malang Raya, PONTAS.ID  – Ditemukannya varian pisang jenis baru oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mulyo Makmur Desa Sarimulyo Kecamatan Dampit mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. Salah satu bentuk apresiasi ini dalam bentuk memberikan fasilitas sertifikasi terhadap sektor pertanian, yang dihasilkan oleh para petani di Kabupaten Malang ini.

“Bibit pisang varietas unggul ini, diberi nama pisang Mulia oleh ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa, red). Nama ini disematkan sesuai dengan tempat asal pisang tersebut tumbuh subur di kawasan Desa Srimulyo, Dampit, Kabupaten Malang. Dan kami akan memberikan pendampingan dan dukungan penuh saat sertifikasi,” kata wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto kepada Pontas.id disela-sela mendampingi kunjungan kerja (Kunker) Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Malang.

Diungkapkannya, Pemkab Malang bukan hanya melakukan pendampingan saja melainkan akan terus mengawal sampai ke pemasarannya.

“Setelah dilakukan proses sertifikasi, Kami juga berkewajiban melanjutkan untuk mencarikan solusi dalam memasarkan hasil dari pisang tersebut,” ungkapnya

Ia berharap, Dalam sertifikasi nantinya dapat menjadi tanaman unggulan baru bagi masyarakat Desa Srimulyo.

“Kami minta masyarakat dapat memilih untuk menanam kopi, tebu atau menanam pisang. Kita mulai ikut bantu promosikan, harus kita upload ke media sosial agar masyarakat tahu jika di Dampit ada sebuah unggulan baru yang namanya pisang,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Gapoktan Mulyo Makmur Desa Sarimulyo Kecamatan Dampit sudah 11 tahun mengembangkan budidaya Pisang Mulia ini.

Pisang yang memiliki warna, tekstur dan rasa layaknya Pisang Cavendish dan penampilan seperti Pisang Ambon ini hanya dilakukan satu tahun sekali di masa tanam pertama tidak ada perawatan khusus untuk membuat pisang berbuah lebat dan besar, jika dibandingkan ukuran pisang pada umumnya.

Penulis : Ones / Bagus.
Editor   : Agus Dwi Cahyono

Previous articleBamsoet Ajak Bangkitkan Perekonomian Rakyat
Next articleWujudkan Lumbung Ikan Nasional, KKP Atur Ruang Laut Maluku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here