Dorong Ekspor, SBW Asal Batam Berlayar ke Negeri Kanguru

Jakarta, PONTAS.ID – Sarang Burung Walet (SBW) yang disebut juga emas putih menjadi komoditas ekspor utama dari Batam. Kembali, Karantina Pertanian Batam melakukan pemeriksaan sepuluh kilogram SBW senilai Rp 197 juta yang akan diekspor ke Melbourne, Australia melalui Pelabuhan Sekupang, Selasa (23/2/2021)

“Kami melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa SBW ini telah memenuhi persyaratan negara Australia yaitu tidak mengandung material bovine/ovine/caprine. Telah diberi perlakuan pemanasan steril komersial pada suhu 100 °C dengan F0 mencapai 2,8 serta menggunakan kemasan kedap udara (hermetically sealed),” ujar Mia Zakia Dokter Hewan Karantina Pertanian Batam dalam keterangan resmi yang dikutip PONTAS.id, Kamis (25/2/21)

Kepala Karantina Pertanian Batam Joni Anwar secara terpisah menjelaskan ekspor SBW ke Australia sudah kembali lancar. Negara tujuan ekspor kedua setelah Tiongkok. Pendampingan Karantina Pertanian sangat penting supaya SBW dapat diterima di negara tujuan.

“Kami terus melakukan pendampingan kepada pelaku ekspor agar SBW sesuai persyaratan negara tujuan sehingga komoditas ekspor pertanian Indonesia diterima. Sekaligus mendukung program Kementerian Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) komoditas pertanian,” pungkasnya.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here