Catat! Kemenkop UKM Siapkan Sejumlah Stimulus untuk UMKM

Ilustrasi UMKM Makanan dan Minuman
Ilustrasi UMKM Makanan dan Minuman

Jakarta, PONTAS.ID – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim, menegaskan, guna mendukung kebangkitan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, pihaknya menyiapkan sejumlah stimulus yang diharapkan bisa membangkitkan perekonomian di Indonesia.

“Kami sudah melakukan beberapa persiapan, melakukan penyesuaian organisasi yang ada di KemenkopUKM, menyesuaikan dengan perkembangan yang ada terhadap UMKM,” tuturnya, dikutip dari siaran persnya, Senin (15/2/2021).

Arif menuturkan, penyesuaian organisasi itu memungkinkan adanya Deputi Bidang Usaha Mikro yang mempunyai tugas melakukan transformasi pelaku usaha mikro dari informal ke formal, melalui pendampingan, penyediaan mentor-mentor baik di pusat ataupun di daerah, seperti PLUT, pendampingan seperi PPKL yang dikoordinir oleh dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di daerah.

Selain itu, ada juga Deputi Bidang UKM yang memiliki tugas menyiapkan UKM terutama yang berorientasi dan berkontribusi terhadap ekspor, agar mendorong UKM untuk meningkatkan kontribusinya terhadap ekspor nasional. Dalam hal ini, Deputi Bidang UKM memiliki target untuk mampu meningkatkan kontribusi UKM terhadap ekspor yang semulanya sebesar 14 persen akan ditingkatkan menjadi 15,12 persen.

Sementara itu, terkait pembiayaan murah, telah dialokasikan dana bergulir bagi koperasi yang dikelola oleh LPDB-KUMKM.

Di tahun ini juga, kata Arif, pihaknya juga akan diberikan modal-modal usaha yang bersifat mudah diakses, antara lain KUR, KUR super mikro, kemudian juga pihaknya akan berupaya di tahun 2021 juga sedang dalam pembahasan agar suku bunga KUR bisa dipangkas.

“Sedang dalam pembahasan agar suku bunga KUR bisa lebih rendah, yang sekarang 9 persen bisa diberikan lebih rendah bagi yang terdampak Covid-19. Kemudian pembiayaan melalui LPDB, akan dilanjutkan baik besaran, ataupun lebih mudah diakses,” pungkasnya.

Penulis: Riana

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleHNW akan Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Indonesia di Jepang
Next articleKementerian BUMN Gelar Pameran PaDi UMKM Virtual Expo 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here