Komisi VII Dorong Diversifikasi Pemanfaatan Energi Gas

Anggota Komisi VII DPR RI, Maman Abdurrahman

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi VII DPR RI, Maman Abdurrahman, mengimbau agar para Anggota Dewan dapat memantau implementasi diversifikasi penggunaan energi khususnya di sektor gas. Seperti yang diketahui, energi gas direncanakan akan dapat mengganti bahan bakar minyak (fuel) untuk menjalankan pembangkit tenaga listrik.

“Kami mohon penjelasan status atau progres dari realisasi Kepmen Nomor 13 Tahun 2020 itu seperti apa? Keberadaan kami ini harapannya dapat mendorong realisasinya, pertanyaan apakah ada hambatan atau masalah?” tanya Maman, dalam RDP Komisi VII DPR RI dengan jajaran direksi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (27/1/2020).

Adapun, Kepmen tersebut mengatur soal Penugasan Pelaksanaan Penyediaan Pasokan dan Pembangunan Infrastruktur LNG, Serta Konversi Penggunaan BBM dengan LNG Dalam Penyediaan Tenaga Listrik.

Dalam rapat, Maman mengatakan pula bahwa konsumsi BBM oleh PLN untuk kebutuhan pembangkit listrik masih tinggi dan cenderung mahal.

Sementara, penggunaan gas bumi sebagai energi pembangkit dinilai lebih ekonomis.

“Saya yakin penggunaan (gas bumi) untuk listrik bakal menguntungkan bagi PGN. Untuk itu saya berharap kita pantau terus implementasi ini,” sebut politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN, Suko Hartono, mengakui memang terdapat beberapa tantangan yang perusahaan plat merah itu hadapi dalam mengimplementasi aturan tersebut. Salah satunya persoalan nilai keekonomisan yang dinilai belum tercapai lewat skema tersebut.

Penulis: Riana

Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here