Antisipasi Bencana Banjir, Kotawaringin Barat Gelar Latihan Gabungan

Pangkalan Bun, PONTAS.ID – Danlanu Iskandar Pangkalan Bun, Letkol Nav Rudy Kurniawan Memimpin apel latihan gabungan yang diselenggarakan Di Danau Biru Desa Batu Belaman, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat, Rabu (27/01/2021).

Latihan gabungan itu diikuti oleh tim dari TNI, Polri, BPBD dan beberapa pemangku kepentingan dalam rangka melakukan simulasi penanganan banjir di Kotawaringin Barat.

“Latihan ini bentuk kesiap-siagaan kita, sebagai wujud tanggung jawab tugas terhadap negara. Dengan menjalin komunikasi yang baik, kita perkuat hubungan antar instansi sehingga pada saat terjadinya bencana tidak ada kekakuan dalam berkkordinasi,” ujar Nav Rudy Kurniawan.

Menurutnya, hal ini salah satu bentuk kewaspadaan dalam menangani bencana. Dengan adanya latihan ini diharapkan ketika bedapat memperkuat mental dan fisik serta keterampilan menggunakan alat jika sewaktu-waktu berhadapan dengan bencana.

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah mengapresiasi kegiatan latihan gabungan untuk tanggap bencana ini.

“Saya tentunya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih atas inisiasi terselenggaranya kegiatan ini, yang mana pelaksanaan simulasi ini bertujuan agar lebih tanggap menangani bencana banjir,” katanya.

Bupati mengungkapkan, Kabupaten Kotawaringin Barat ini termasuk daerah yang rawan banjir. Sebab itu pihaknya ingin agar seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan bisa berkaca pada kejadian bencana banjir di kalimantan selatan.

“Di Kabupaten Kotawaringin Barat beberapa waktu yang lalu juga mengalami bencana banjir, yang menimbulkan kerugian bagi korban baik sosial ataupun ekonomi. Sebab itu sudah menjadi kewajiban pemda untuk menanganinya,” imbuhnya

Selain itu, dengan adanya kegiatan seperti ini, akan memudahkan pemda untuk memastikan kesiapan para personil dalam melakukan evakuasi dan penyelamatan terhadap seluruh warga yang terdampak bencana banjir.

“Jika seluruh personil sudah siap menunjang keselamatan warga, maka jika bencana itu kembali melanda, kita pun sudah menyiapkan peralatan penunjang beserta kesiapan logistik,” pungkasnya

Penulis: Riduan HD
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articlePenggabungan Tiga Bank Syariah Himbara Peroleh Izin dari OJK
Next articleSosialisasi Masif dan Akurat Salah Satu Kunci Suksesnya Vaksinasi Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here